Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Papan nama Alibaba Group Holdings Ltd. ditampilkan di bagian luar kantor perusahaan di Beijing, China.  Gilles Sabrie - Bloomberg
Premium

Tak Tahan Digoyang Pesaing, Alibaba Bikin Manuver

19 Oktober 2020 | 20:40 WIB
Aksi korporasi dengan nilai besar dilakukan oleh Alibaba untuk mempertahankan dominasinya di China, di tengah meningkatnya tekanan dari para pesaingnya. Seperti apa manuver yang dilakukan perusahaan yang didirikan Jack Ma tersebut?

Bisnis.com, JAKARTA – Alibaba Group Holding Ltd. tampaknya tak sanggup dibikin panas oleh pesaingnya yakni JD dan perusahaan serupa lain, yang terus mengusik dominasi perusahaan yang didirikan Jack Ma tersebut.

Hal itu tercermin dari langkah Alibaba yang akan menginvestasikan sekitar US$3,6 miliar untuk menggandakan kepemilikan sahamnya di Sun Art Retail Group Ltd. Aksi korporasi itu akan membuat Alibaba menjadi pemegang kendali terhadap perusaahaan pemiliki rantai pasok hipermarket terbesar di China itu.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (19/10/2020), dalam kebijakan tersebut, Alibaba secara otomatis akan meningkatkan kepemilikannya secara langsung maupun tidak langsung ke Sun Art menjadi sekitar 72 persen.

Adapun, peningkatan kepemilikan saham itu dilakukan dengan mengakuisisi ekutas dari Auchan Retail International SA, kemudian membuat penawaran umum kepada pemegang saham untuk membeli sisa Sun Art.

Kesepakatan itu menandakan niat dari perusahaan paling berharga di Asia tersebut, untuk mempercepat upayanya dalam mendominasi pasar dagang elektronik (e-commerce) di China.

Chief Executive Officer Alibaba Daniel Zhang mengatakan, perusahaan telah menjadikan ekspansi ke ritel tradisional dan bisnis grosir khususnya sebagai landasan strategi pertumbuhannya.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top