Hari Batik Nasional, 5 Aplikasi Bantu Kamu Tahu Sejarah dan Membatik

Newswire
Jumat, 2 Oktober 2020 | 09:25 WIB
Ilustrasi aplikasi mengenai batik, dari edukasi hingga game, di perangkat iOS dan Android./Antara
Ilustrasi aplikasi mengenai batik, dari edukasi hingga game, di perangkat iOS dan Android./Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hari Batik Nasional dirayakan setiap tanggal 2 Oktober untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO.

Ada banyak cara untuk merayakan Hari Batik Nasional, salah satunya dengan belajar membatik hingga mempelajari masing-masing motif batik dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kini, terlebih pada masa pandemi Covid-19, kegiatan tersebut dapat dilakukan dalam genggaman.

Tidak hanya itu, ada pula game berburu batik yang juga dapat menambah pengetahuan sekaligus menjadi hiburan saat harus di rumah saja.

Sejumlah aplikasi mengenai batik telah terpajang di toko aplikasi milik Google dan Apple, Play Store dan App Store.

1. Batikin

Aplikasi Batikin, yang berbobot 5,2MB dan terdaftar di App Store, dapat membantu pengguna mempelajari bagaimana menggambar batik.

Aplikasi yang telah mengantongi lima bintang itu juga dilengkapi dengan elemen-elemen motif batik, sehingga pengguna dapat mulai mengambar batik dengan mudah.

Aplikasi yang berlabel usia 4 tahun ke atas tersebut juga mememungkinkan pengguna untuk mengubah ukuran, warna, serta memiliki opsi pratinjau sebelum dibagikan kepada teman.

2. Map of Batik

Aplikasi Map of Batik memberikan informasi mengenai sejarah Batik dari masing-masing wilayah di Indonesia, mulai dari motif, warna hingga penggunaan batik itu sendiri.

Misalnya, mengutip kolom deskripsi aplikasi, dalam penelitian mendalam pada Orang Banjar (Kalimantan Selatan) terungkap bagaimana bangsawan melindungi diri mereka dari roh jahat dengan menggunakan Sasirangan.

Sayangnya, aplikasi yang memiliki bobot 83,5MB dan terdaftar di App Store itu tidak dikembangkan lebih lanjut.

Saat diunduh, hanya terdapat satu antarmuka dengan informasi yang sama dengan kolom deskripsi, tanpa disertai menu lainnya.

3. iWareBatik

Hadir bilingual, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, aplikasi iWareBatik dapat membantu turis domestik maupun turis mancanegara mempelajari nilai-nilai Batik untuk melestarikan budaya.


Tidak hanya itu, aplikasi yang telah mengantongi lima bintang di App Store tersebut juga memadukan informasi nilai sejarah motif batik dari 34 provinsi di Indonesia dengan informasi wisata, baik wisata alam maupun budaya, di wilayah tersebut.

Secara umum, aplikasi berbobot 164,4MB yang masuk dalam kategori Travel itu juga dapat membantu pengguna mengetahui arti motif batik dari pakaian yang mereka kenakan, dengan bantuan kecerdasan buatan (AI) pada aplikasi.

4. Motif Batik Nusantara

Aplikasi Motif Batik Nusantara mempelajari ragam motif batik nusantara dan filosofinya. Motif kawung, misalnya, bermakna keinginan dan usaha yang keras untuk menghasilkan rejeki berlipat.


Terdapat 21 motif batik lainnya yang dapat dipelajari dalam aplikasi yang dirilis di Play Store pada 2015 itu. Aplikasi yang memiliki label Education tersebut telah mengantongi 4.4 bintang.

5. Batik Hunter

Aplikasi game Batik Hunter secara umum memiliki misi mengumpulkan batik.

Game bergenre Role Playing Game (RPG) ini menuntut pemain untuk berkejaran dengan waktu untuk mencari batik dari satu tempat ke tempat lainnya.


Sambil bermain game, saat mengumpulkan batik pemain akan disajikan informasi mengenai batik tersebut.

Misalnya, batik motif Kawung dari Yogyakarta, dan banyak motif lainnya, sehingga dapat memperkaya pengetahuan mengenai batik itu sendiri.

Telah mengantongi 4,7 bintang, Batik Hunter dapat diunduh di toko aplikasi milik Google.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper