Perekam Suara Google Kini Bisa Edit Langsung dari Ponsel

Rezha Hadyan
Kamis, 1 Oktober 2020 | 08:37 WIB
Google
Google
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google meluncurkan fitur terbaru untuk aplikasi perekam suaranya yang memudahkan penggunanya mengedit hasil rekaman langsung dari aplikasi tersebut.

Melansir The Verge pada Kamis (1/10/2020), Google telah mengumumkan bahwa aplikasi perekam suaranya yang tersedia untuk ponsel Google Pixel 2 atau lebih baru akan mendapatkan pembaruan. Pembaruan tersebut akan menghadirkan sejumlah fitur baru yang memudahkan penggunanya melakukan pencarian file audio dan mengeditnya.

Menurut Google Pembaruan akan memungkinkan pengguna untuk memilih cuplikan audio dari klip yang direkam, yang kemudian dapat dibagikan atau hapus dari file audio yang lebih besar.

Selain itu, pengguna juga dapat mencari kata-kata tertentu dalam transkrip yang direkam dan menghapusnya. Jadi, apabila dalam rekaman terdengar kata-kata seperti "um", "uh", "ee" dan lain sebagainya pengguna dapat secara otomatis menghapusnya lewat pembaruan baru ini.

Dengan demikian pengguna tak perlu repot-repot memindahkan file audio mereka ke komputer untuk kemudian diedit menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Audition atau Audacity.

Kemudian Google menyebut pengguna juga dapat menggunakan fitur ini secara luring, dengan cara yang sama dengan fungsi transkripsi Bahasa Inggris langsungnya tanpa memerlukan akses internet.

Google mengumumkan fitur tersebut dalam sebuah blog yang membahas Pixel 5, tetapi kemungkinan akan tiba di beberapa ponsel Pixel Google lainnya juga.

The Verge telah menghubungi Google untuk mengonfirmasi apakah fitur baru itu memang hadir lebih dari sekadar Pixel 5. Namun, belum ada jawaban dari perusahaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper