Setelah 20 Tahun, Apple Buka Toko Online di India

Akbar Evandio
Kamis, 24 September 2020 | 12:34 WIB
Suasana gerai Apple di Singapura saat pelanggan membeli iPhone XS Max dan XS Jumat (21/9/2018)./Reuters-Edgar Su
Suasana gerai Apple di Singapura saat pelanggan membeli iPhone XS Max dan XS Jumat (21/9/2018)./Reuters-Edgar Su
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Apple Inc. telah membuka toko daring (online) pertama mereka di India sejak 23 September 2020 setelah sebelumnya hanya menjual produknya melalui distributor pihak ketiga dan e-commerce antara lain Amazon.com dan Flipkart.

Dikutip melalui Techcrunch, Kepala analis perusahaan konsultan Convergence Catalyst, Jayanth Kolla, mengatakan Apple merakit sejumlah ponsel mereka, termasuk iPhone 11 di pabrik Foxconn dan Wistron yang ada di dua lokasi di India.

“Untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun sejak Apple mulai beroperasi di India, pembuat iPhone mulai menjual produknya langsung ke konsumen di pasar ponsel pintar terbesar kedua di dunia,” kata Kolla, Kamis (24/9/2020).

India dinilai menjadi prospek yang baik bagi para pembuat ponsel, berkat jumlah pelanggan seluler yang mencapai angka 1 miliar dan juga Negara Anak Benua ini merupakan pasar ke-38 untuk Apple tempat meluncurkan toko daringnya. Konsumen di India sekarang dapat membeli AppleCare+, yang memperpanjang garansi produk, dan mengakses program tukar tambah untuk mendapatkan diskon untuk pembelian perangkat keras baru.

Kolla berpendapat bahwa peluncuran toko daring Apple di India adalah kesepakatan yang lebih besar bagi perusahaan daripada konsumen di negara tersebut.

“Apple biasanya mulai berinvestasi dalam pemasaran, membangun merek, dan investasi lain di pasar hanya setelah meluncurkan toko di sana,” katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa Apple memang mengawasi baliho dan iklan iPhone dan produk lain yang ditampilkan di India, tetapi mitra pihak ketiga yang menjalankan dan mendanai mereka.

Dalam beberapa tahun terakhir, Apple terlihat semakin tertarik pada India, salah satu pasar ponsel pintar dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Produsen kontrak perusahaan saat ini secara lokal merakit model iPhone generasi terbaru dan beberapa aksesori - upaya yang dimulai perusahaan dua tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper