Tekan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Bogor Manfaatkan Aplikasi Teman Sehat

Akbar Evandio
Sabtu, 12 September 2020 | 10:11 WIB
Bupati Bogor Ade Yasin di Gedung DPRD, Cibinong Kabupaten Bogor, Jawa Barat./Antara
Bupati Bogor Ade Yasin di Gedung DPRD, Cibinong Kabupaten Bogor, Jawa Barat./Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Bogor menggandeng PT Progressivmedia Indonesia, perwakilan Achiko AG di Indonesia meluncurkan aplikasi Teman Sehat.

Direktur PT Progressivmedia Indonesia, Windiaprana mengatakan kerja sama untuk meningkatkan pemanfaatan teknologi informasi guna memberikan keamanan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Bogor.

“Dengan aplikasi ini, Pemerintah Kabupaten Bogor dapat mengetahui secara tepat dan otomatis ketika ada warga yang telah berinteraksi dengan pasien positif Covid-19, sehingga dapat cepat mengatasi secara efisien,” katanya lewat rilis resminya, Sabtu (12/9/2020).

Sekedar catatan, Teman Sehat adalah sebuah ekosistem aplikasi yang menggabungkan contact tracing, pengujian, dan pembayaran. Fitur penelusuran kontak ini mencatat interaksi warga di mana pun mereka aktif selama periode Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Adapun tiga fitur utama Teman Sehat yakni, contact tracing (penelusuran kontak) yang bisa otomatis melacak individu yang terdampak ketika sebuah kasus Covid-19 teridentifikasi.

Kedua, fitur check-in, yaitu memiliki fungsi check-in yang berbasis kode QR.

Ketika seseorang ingin masuk ke tempat yang terdaftar dengan ekosistem aplikasi, mereka perlu memindai kode QR dan mereka akan terdaftar untuk check-in.

Ketiga, fitur kupon berupa sistem kupon yang terintegrasi dalam aplikasi, untuk membantu bisnis dengan pemasaran yang sangat dibutuhkan dalam masa pandemi ini.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, fokus dalam menangani pandemi virus corona adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan warga.

“Keamanan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Bogor adalah hal utama, karena itu kami yakin bermitra dengan perusahaan yang terus berupaya untuk membangun aplikasi untuk menekan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper