Huawei Perkenalkan Sistem Operasi Terbarunya, Harmony OS 2.0

Rezha Hadyan
Jumat, 11 September 2020 | 18:39 WIB
Huawei MateBook D15
Huawei MateBook D15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Huawei mengumumkan sejumlah pembaruan besar-besaran untuk ekosistem perangkat selulernya di Huawei Developer Conference 2020, salah satunya adalah sistem operasi besutannya Harmony OS 2.0.

Konferensi tersebut berlangsung di Danau Songshan, China selama tiga hari mulai Jumat (11/9/2020). Pada hari pertama penyelenggaraan konferensi, Huawei mengumumkan kehadiran sistem operasi terbarunya, Harmony OS 2.0 antarmuka pengguna EMUI 11 berbasis Android 11, Huawei Mobile Service (HMS), dan Huawei Research.

Di acara tersebut, Huawei juga secara tak terduga meluncurkan enam produk baru yang akan berkontribusi pada pengalaman semua skenario Huawei - HUAWEI MateBook X, HUAWEI MateBook 14, HUAWEI WATCH GT 2 Pro, HUAWEI WATCH FIT, HUAWEI FreeBuds Pro, HUAWEI FreeLace Pro. Huawei FreeBuds Pro dan HUAWEI WATCH GT 2 Pro akan hadir di Indonesia pada bulan Oktober.

“Terobosan Huawei dalam pengembangan ekosistem adalah hasil dari dukungan kuat dari para developer dan mitra global. Huawei akan sepenuhnya membuka teknologi inti serta kemampuan perangkat lunak dan perangkat keras untuk pengembang, berkolaborasi dengan mereka untuk mendorong inovasi lebih lanjut dari ekosistem cerdas pada semua skenario," kata Richard Yu, Direktur Eksekutif, CEO Grup Bisnis Konsumen, Huawei melalui keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Jumat (11/9/2020).

Yu menjelaskan HarmonyOS 2.0 yang hadir kali ini membawa peningkatan komprehensif pada kemampuan yang terdistribusi, termasuk perangkat lunak, manajemen data, dan keamanan. Huawei juga memperkenalkan kerangka kerja UX adaptif yang memungkinkan pengembang menjangkau puluhan juta perangkat dan pengguna baru dengan cepat.

Dengan pembaruan terbaru, HarmonyOS secara resmi akan menjadi open source dan pengembang akan dapat memperoleh akses ke emulator, paket SDK, dan alat IDE.

Proyek open source, berjudul OpenHarmony, akan diluncurkan secara bertahap dengan rilis beta HarmonyOS seluler yang direncanakan untuk pengembang China pada akhir tahun 2020 terlebih dahulu. Richard Yu mengumumkan peta jalan untuk HarmonyOS dalam pidato utamanya.

“Mulai hari ini, HarmonyOS terbuka untuk perangkat IoT 128KB-128MB, seperti smart TV, perangkat wearable, mobil, dan lainnya. Pada April 2021 kami akan buka untuk perangkat 128MB-4GB dan pada Oktober 2021, HarmonyOS akan dibuka untuk perangkat di atas 4GB, ”ujar Yu.

Adapun, selama tiga hari ke depan, Huawei Developer Conference 2020 juga akan mempertemukan developer dari seluruh dunia melalui berbagai aktivitas seru, di antaranya Lakeside Talks, Tech. Sessions, Tech. Hour, Codelab, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper