Tak Hanya Siswa, Ruangguru Juga Beri Pelatihan untuk Guru

Akbar Evandio
Jumat, 11 September 2020 | 23:20 WIB
CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara./Antara
CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara./Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ruangguru, perusahaan rintisan berbasis teknologi edukasi (edutech), memberikan pelatihan guru gratis secara luring dan daring berbasis aplikasi melalui program Indonesia Teaching Fellowship (ITF).

CEO Ruangguru Adamas Belva Syah Devara mengatakan langkah tersebut dilatarbelakangi oleh adanya kepedulian beberapa pihak, yang mengatakan guru-guru masa kini perlu persiapan lebih untuk bisa mengajar sesuai tuntutan dan perkembangan zaman.

Batch pertama kemarin, sudah menunjukan hasil yang baik. Guru-guru ITF mengalami peningkatan rata-rata nilai TO [try out] uji kompetensi guru sebesar 21,93 poin,” ujarnya lewat diskusi virtual, Jumat (11/9/2020).

Menurutnya, kesiapan guru adalah kunci keberhasilan mewujudkan pembelajaran sesuai kebutuhan saat pandemi Covid-19 melanda. Oleh karena itu, pelatihan guru yang dijalankan program ITF diharapkan dapat menyongsong sumber daya manusia yang maju di hari depan.

Yayasan Ruangguru juga telah melakukan penelitian guna melihat hasil dari Pelatihan ITF terhadap para guru. Hasilnya, program ini menunjukkan dampak yang signifikan.

Salah satu hasil signifikan ditunjukkan melalui hasil penelitian yang ditujukkan pada guru peserta ITF Padang Panjang.

Setelah mengikuti pelatihan ITF, para guru telah diberikan kembali TO UKG sebanyak 2 kali untuk dinilai pengaruh pelatihan terhadap TO UKG. Hasilnya, skor TO UKG peserta secara bertahap meningkat.

Hasil TO UKG akhir menunjukkan peningkatan yang signifikan. Nilai rata-rata guru SMP mencapai 63,80 dari nilai 39, dan nilai rata-rata guru SD mencapai 63,78 dari 40.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper