XL Axiata Akui Laju Pertumbuhan Pelanggan Pascabayar Melambat

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 11 September 2020 | 21:40 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. mengalami perlambatan laju akuisisi pelanggan pascabayar akibat pandemi Covid-19. Pada periode April-Juni 2020, XL hanya mampu meraih 1,14 juta pelanggan atau terpangkas 10.000 dibandingkan dengan Januari-Maret 2020 yang mencapai 1,15 juta pelanggan.

Group Head Premium Segment XL Axiata Lyra Filiola mengatakan perseroan mengalami kesulitan dalam mengakuisisi pelanggan pascabayar baru seiring dengan menurunnya daya beli masyarakat selama pandemi Covid. Padahal, akuisisi pelanggan pascabayar XL pada kuartal sebelumnya atau dari Q4/2019 ke Q1/2020 mampu tumbuh sebesar 84.000 pelanggan.

“Memang akselerasi tidak sesuai ekspetasi karena ada pandemi Covid-19,” kata Lyra kepada Bisnis.com, Jumat (11/9/2020).

PT XL Axiata Tbk. baru saja meluncurkan Plan baru dari myPRIO X Unlimited yang menawarkan layanan pasca bayar unlimited data di semua jaringan, dan unlimited akses ke sejumlah aplikasi favorit.

Lyra mengungkapkan plan baru tersebut tidak semata-mata untuk mengakuisisi jumlah pelanggan baru, melainkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Karena masyarakat memiliki kebutuhan yang lebih untuk data, makanya kami luncurkan unlimited, sehingga mereka tidak perlu takut putus-putus,” kata Lyra.

Sementara itu, Chief Sales Officer XL Axiata Octavia Kurniawan mengatakan perseroan tidak memiliki target untuk jumlah pelanggan pascabayar. Meski demikian dia berharap produk baru yang dikeluarkan dapat memacu penambahan jumlah pelanggan baru.

“Tidak ada target khusus untuk pelanggan pascabayar XL,” kata Octavia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper