Pandemi Covid-19, Jadi Momentum E-Commerce untuk Bangkit

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 2 September 2020 | 17:54 WIB
Ilustrasi belanja daring. /Dok. Istimewa
Ilustrasi belanja daring. /Dok. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 harusnya menjadi momentum bagi perusahaan perdagangan berbasis elektronik untuk tumbuh, seiring dengan perubahan pola konsumsi di masyarakat.

Partner East Ventures Melisa Irene berpendapat perusahaan perdagangan berbasis elektronik atau e-commerce hakikatnya tumbuh signifikan selama pandemi seiring dengan makin banyak masyarakat yang bertransaksi secara digital. Masyarakat yang telah lama menggunakan transasksi digital pun lebih makin sering bertransaksi lagi.

Berdasarkan data SIRCLO, kata Melisa, terdapat 12 juta pengguna ecommerce baru dalam 2-3 bulan saat pembatasan sosial diterapkan di Tanah Air. Pertumbuhan pengguna baru ini turut mendorong makin banyak merek besar, UMKM, hingga individual yang berjualan secara daring.

“Dampaknya juga beragam. Produk yang esensial, seperti makanan segar melonjak. Di sisi lain, produk fesyen tertekan. Variasi juga tampak di satu vertikal,” kata Melisa kepada Bisnis.com, Rabu (2/9/2020).

Melisa menambahkan bahwa secara fundamental kesuksesan perusahaan perdagangan berbasis elektronik bergantung pada skala ekonomi yang dimiliki.Untuk mencapai ini, menurutnya, biaya pemasaran produk harus efisien agar margin keuntungan bisa stabil.

Dia mengatakan bahwa pemain besar atau unikorn seperti Tokopedia, memiliki kekuatan finansial yang lebih kuat sehingga dapat menarik lebih banyak konsumen melaui biaya pemasaran digital yang disubsidi, termasuk menawarkan produk dengan harga diskon.

“Jika perusahaan e-commerce baru tidak punya nilai tambah atau penawaran yang unik. Hanya menawarkan harga yang bersaing, mereka tidak akan mampu bersaing dengan unikorn,” ujarnya.

Melisa pun berpendapat agar perusahaan perdaganan berbasis elektronik lainnya bisa bersaing dengan pemain besar yang sudah ada, mereka harus memiliki kekuatan unik untuk produk-produk yang spesifik.

Perusahaan perdagangan berbasisi elektronik harus menguasai aspek-aspek dari unit ekonomi antara lain; sumber suplai, efisiensi logistik, dan optimasi pasar.

“Contohnya seperti Sociolla, Otten Coffe, atau Orami, menawarkan pengalaman belanja yang berbeda dari marketplace besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper