Ini Alasan Asus Percaya Diri Bidik Pasar Gamers Indonesia

Akbar Evandio
Selasa, 1 September 2020 | 10:04 WIB
Para gamer mencoba versi beta gim video
Para gamer mencoba versi beta gim video
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Asustek Computer Inc. (Asus) segmen pemain gim (gamers) di Tanah Air berpeluang besar dalam meningkatkan penjualan perusahaan.

Head of Public Relations and e-Marketing Asus Muhammad Firman melihat bahwa potensi pasar ponsel gaming sangat besar di Indonesia.

“Pasar penggunanya makin banyak, produsen yang menghadirkan ponsel pintar khusus gaming sudah mulai bermunculan, kompetisi yang digelar semakin banyak, dan dari sisi pemerintah, mereka juga sudah mendukung perkembangan e-sport di Indonesia,” jelasnya saat dihubungi Bisnis.com, Senin, (31/8/2020).

Untuk target penjualan sendiri, dia mengatakan bahwa berhubung Asus hanya menghadirkan smartphone gaming segmen ultimate flagship, pihaknya mematok penjualan sekitar 50.000 unit untuk setiap model terbaru yang dihadirkan ke pasar Indonesia.

“Setiap tahun, kami hanya menghadirkan satu tipe saja dengan 2-3 pilihan spesifikasi,” ucapnya.

Dia mengatakan bahwa ponsel gaming memiliki spesifikasi yang kurang lebih sama dengan ponsel pintar flagship dari segmen non gaming, yaitu prosesor tinggi dengan RAM dan penyimpanan yang juga sama besar.

“Akan tetapi, ponsel gaming menawarkan faktor lain yang tidak ditawarkan oleh ponsel flagship biasa. Sebagai contoh, smartphone gaming menawarkan layer dengan refresh rate 120Hz atau 144Hz misalnya. Ini tidak ditemukan pada smartphone flagship biasa,” jelasnya.

Selain itu, dia mengatakan bahwa ponsel gaming juga menawarkan fungsi-fungsi khusus untuk para gamers. Misalnya tombol tambahan di sisi badan ponsel yang berfungsi seperti tombol bantuan (L1 dan R1) pada konsol stik gim.

Dari sisi perangkat lunak, ujarnya, ponsel gaming pun menawarkan fungsi untuk mengoptimalkan performa saat bermain gim sehingga dia melihat bahwa saat ini banyak produsen yang menyasar berbagai segmen gamers.

“Dulu saat pertama kali Asus terjun ke bisnis smartphone gaming dengan seri Max Pro M1 dan Max Pro M2, kami memang menyasar segmen entry gaming. Namun sejalan dengan waktu, Asus memilih untuk fokus menggarap segmen flagship gaming,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper