iPhone 12 Pro Max Bakal Hadir dengan Layar 120 Hz

Rezha Hadyan
Senin, 24 Agustus 2020 | 08:53 WIB
Iphone 12 pro max
Iphone 12 pro max
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Varian tertinggi dari seri iPhone 12, yaitu iPhone 12 Pro Max kemungkinan besar akan hadir dengan layar dengan refresh rate tinggi.

Melansir Phone Arena pada Senin (24/8/2020), hal tersebut pertama kali diungkapkan oleh pengamat gawai Jon Prosser melalui akun Twitter-nya @jon_prosser pada Senin (24/8/2020).

Prosser selama ini dikenal sebagai salah satu pemberi bocoran perangkat terbaru besutan Apple.

Dia menyebut iPhone 12 Pro Max akan memiliki kesamaan spesifikasi layar dengan iPad Pro. Seperti diketahui iPad Pro menggunakan layar berteknologi ProMotion dengan refresh rate 120Hz.

"[Layarnya] jelas tidak ada [teknologi] LTPO [Low-Temperature Polycrystalline Oxide]. Tapi saya tahu mereka akan mempromosikan layar iPhone 12 Pro Max seperti iPad Pro. [Saya] hanya tidak yakin apakah akan diluncurkan seperti demikian. Tapi ada cukup bukti dari sumber saya untuk untuk hal itu,"cuitnya demikian.

Kembali pada bulan Juni, pengamat gawai Ben Geskin melaporkan bahwa pada iOS 14 versi beta terdapat opsi pembatasan frame rate. Opsi ini memungkinkan Anda mengatur kecepatan bingkai maksimum layar ke 60 frame per detik (frame per second/fps).

iPhone 11 sudah hadir dengan layar 60Hz, jadi tidak masuk akal untuk menawarkan opsi ini kecuali Apple berencana untuk meningkatkan refresh rate.

Laporan terbaru mengklaim bahwa iPhone 12 akan tetap dengan layar 60Hz. Sebelumnya, diyakini bahwa dua model kelas atas secara teoritis mampu mendukung kecepatan refresh 120Hz, tetapi Apple tidak akan mengaktifkan opsi itu karena masalah baterai.

Founder sekaligus CEO dari Display Supply Chain Consultant (DSCC) Ross Young membantah klaim tersebut. Dia menyebut jika pada iOS 14 versi beta terdapat opsi untuk membatasi refresh rate ke 60Hz kemungkinan besar Apple akan menghadirkan layar 120Hz.

"Jika hanya memungkinkan Anda untuk memilih antara 60Hz dan sesuatu yang lebih tinggi (120Hz), itu berarti tidak ada LTPO dan penyegaran adaptif seperti yang telah kami katakan selama 4 bulan," tulisnya melalui akun Twitter @DSCCRoss pada Sabtu (22/8/2020).

Dia juga menegaskan bahwa iPhone terbaru mungkin tidak akan datang dengan teknologi backplane LTPO dan mereka tidak akan memiliki kecepatan refresh adaptif seperti Galaxy Note 20 Ultra.

Apa yang dikatakan oleh Rose bertolak belakang dengan laporan yang mengklaim layar 120Hz iPhone 12 Pro Max berfungsi sebagaimana mestinya layar dengan refresh rate tinggi.

Walaupun demikian, laporan tersebut bisa saja benar karena sekarang peluncuran ponsel baru secara resmi telah ditunda. Hal tersebut membuat Apple punya lebih banyak waktu untuk menyempurnakan tampilan layar berteknologi ProMotion-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper