Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ZTE Segera Luncurkan Ponsel Kamera Depan Tersembunyi

ZTE akan menjadi pabrikan yang pertama kalinya memproduksi massal ponsel dengan terobosan baru yakni kamera tersembunyi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 18 Agustus 2020  |  08:52 WIB
ZTE Segera Luncurkan Ponsel Kamera Depan Tersembunyi
Perusahaan telekomunikasi asal China ZTE - wikipedia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kabar gembira bagi Anda yang berkeinginan untuk memiliki ponsel dengan kamera depan tersembunyi di bawah layar. Karena ponsel tersebut ternyata sudah diproduksi massal dan akan diluncurkan dalam waktu dekat oleh ZTE.

Melansir The Verge pada Selasa (18/8/2020), ZTE akan meluncurkan Axon 20 5G, ponsel berkamera depan tersembunyi di bawah layar yang untuk pertama kalinya diproduksi secara massal. Peluncuran ponsel tersebut akan dilakukan di China pada 1 September 2020.

Melalui siaran pers terbarunya ZTE menyebut bahwa semua pabrikan ponsel utama sedang mengembangkan produk dengan kamera depan tersembunyi di bawah layar. Namun, ZTE akan menjadi pabrikan yang untuk pertama kalinya memproduksi massal ponsel dengan terobosan baru itu.

Terobosan kamera ponsel yang bersembunyi di bawah layar sebenarnya bukanlah hal yang sepenuhnya baru. Karena beberapa pabrikan sudah memperkenalkan dan memamerkannya di Kongres Mobile Dunia (Mobile World Congress/MWC) 2019 lewat purwarupa yang mereka kembangkan.

Xiaomi salah satunya, tahun lalu mereka sempat menjelaskan bahwa kamera tersembunyi di bawah layar akan disematkan di bagian atas layar perangkat dan ditutup menggunakan "kaca khusus-rendah-reflektif dengan transmitansi tinggi”. Kaca tersebut memungkinan tampilan layar menjadi transparan sehingga bisa digunakan untuk mengambil gambar.

Demikian halnya dengan Oppo pada kesempatan yang sama juga menunjukkan pembuatan ponsel dengan kamera tersembunyi di bawah layar.  Kala itu, pabrikan asal China itu menyebut masih perlu perbaikan di sejumlah sisi sebelum diproduksi massal.

Selama beberapa tahun, perusahaan telah beralih ke smartphone dengan layar edge-to-edge. Alih-alih kamera depan menempati sebagian ruang layar, beberapa perusahaan telah mencoba membuat kamera depan keluar dari bagian atas ponsel.

Baru-baru ini, Lenovo merilis ponsel gaming baru yang menyertakan kamera selfie pop-up di bagian samping ponsel. Namun, kamera di bawah layar menawarkan solusi yang lebih elegan, tanpa memindahkan bagian-bagian dalam ponsel.

ZTE belum mengungkapkan berapa harga jual dari Axon 20 5G. Demikian halnya dengan spesifikasi detail dari ponsel tersebut, termasuk chipset yang akan digunakan.

Namun yang jelas, ponsel tersebut tentunya akan menggunakan chipset yang sudah mendukung jaringan 5G. Sementara itu, berdasarkan data spesifikasi ponsel yang ada di TENAA, China Axon 20 5G akan menyertakan empat kamera belakang dengan resolusi masing-masing 64MP, 8MP, 2MP, dan 2MP Kamera depannya dikabarkan beresolusi 32MP.

Spesifikasi lain yang dikabarkan pada ponsel ini termasuk layar OLED HD 6,92 inci dan RAM hingga 12GB.  Belum ada informasi lebih lanjut juga apakah ponsel ini akan dipasarkan di luar Negeri Tirai Bambu atau tidak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone kamera zte
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top