Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menkominfo Beberkan Fokus Rencana Anggaran Rp30,5 Triliun

Menkominfo diketahui ingin memanfaatkan anggaran 2021 sebesar 30,5 triliun untuk kombinasi pembiayaan pembangunan infrastruktur telekomunikasi di daerah 3T.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 14 Agustus 2020  |  17:29 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, Senin (22/6/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, Senin (22/6/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) membeberkan bahwa pagu anggaran 2021 akan dimanfaatkan untuk membangun jaringan di daerah 3T.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menjelaskan bahwa anggaran pembangunan Teknologi Komunikasi dan Informasi (ICT) pada 2021 senilai Rp30,5 triliun akan digunakan untuk kombinasi pembiayaan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

Berdasarkan catatan Kemenkominfo, kata Johnny, untuk menyediakan sinyal 4G bagi 9.113 desa dan kelurahan wilayah 3T kementerian akan membangunnya dalam tiga tahap.

Tahap pertama, pada 2020 dengan membangun jaringan 4G di 1.209 desa dan kelurahan. Tahap kedua pada 2021 untuk 4.200 desa dan kelurahan di wilayah 3T melalui Penggelaran kabel fiber optik, microwave link dan pemanfaatan satelit. Kemudian, tahap ketiga pada 2022 dengan membangun BTS 4G untuk 3.704 desa dan kelurahan.

“Dengan selesainya penggelaran infrastruktur TIK diatas pada tahun 2022 di desa dan kelurahan wilayah 3 T tersedia sinyal 4G bagi penyelenggaraan pemerintahan, aktivitas masyarakat termasuk aktivitas pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial,” kata Johnny kepada Bisnis.com, Jumat (14/8/2020).

Adapun untuk kawasan non-3T, kata Johnny, Kemenkominfo akan meminta operator selular untuk membangun jaringan di sana.

Dengan demikian diharapkan pada 2022 pada sisi hilir telekomunikasi dan informatika seluruh wilayah adminisitratif dapat terlayani dengan sinyal 4G baik Non 3T maupun 3T.

“Untuk itu diperlukan model kombinasi pembiayaan pembangunan infrastruktur TIK yang kreatif termasuk melalui APBN dan bauran pembiayaan lainnya,” kata Johnny.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telekomunikasi kominfo
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top