16 Studio Gim Wakili Indonesia di Pameran Gamescom 2020

Fatkhul Maskur
Senin, 20 Juli 2020 | 19:40 WIB
Ilustrasi. /Kemenparekraf
Ilustrasi. /Kemenparekraf
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengumumkan 16 studio gim yang berhak mewakili Indonesia dan mendapat fasilitasi mengikuti Devcom Digital Conference, subevent dari Gamescom 2020 pada Agustus 2020.

Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Yuana Rochma Astuti mengatakan Kemenparekraf/Baparekraf bekerja sama dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI) membuka program fasilitasi bagi perusahaan game Indonesia untuk berpartisipasi dalam Gamescom 2020 pada Juli 2020.

Setelah melalui proses kurasi selama dua tahap, akhirnya ditetapkan 16 studio game yang akan menjadi wakil Indonesia di ajang pameran game terbesar di Eropa yang tahun ini digelar secara daring karena pandemi Covid-19.

"Keenam belas studio ini berkesempatan untuk memamerkan karya terbaru mereka dalam virtual booth Paviliun Indonesia. Peserta cukup beragam dan semua memiliki kualitas baik. Mereka memiliki keunggulan dari komponen penilaian dan memiliki nilai jual. Selanjutnya, kami akan membekali mereka agar dapat tampil maksimal di Devcom Digital Conference 2020," kata Yuana Rochma Astuti dalam keterangannya Senin (20/7/2020).

Tidak terbatas dalam memamerkan karya, perusahaan gim lokal juga akan mendapatkan akses untuk mengikuti MeetToMatch – The Online Cologne Edition yang akan memperbesar peluang mereka mendapatkan transaksi bisnis dari perusahaan gim internasional.

"Mereka berkesempatan untuk menjalin transaksi bisnis dengan perusahaan-perusahaan mancanegara yang juga berpartisipasi dalam ajang Devcom Digital Conference 2020," ujar Yuana.

Data Survei Ekonomi Kreatif pada 2016 menyebutkan bahwa subsektor aplikasi dan pengembang permainan menyumbang 1,86 persen dari PDB ekonomi kreatif atau setara dengan Rp17,142 miliar. Melalui fasilitasi ini diharapkan dapat mendukung pengembang game Indonesia bersaing di pasar global.

CEO dari GameChanger Studio sekaligus perwakilan dari tim kurator Riris Marpaung mengatakan, terkait gim yang masuk ke daftar calon peserta hingga terpilih menjadi peserta Gamescom 2020 cukup membuat juri bekerja keras melihat berbagai hal terkait gim tersebut.

Tidak hanya hal-hal teknis seperti gameplay dan visual art yang harus dinilai, namun juga kesiapan teknis, mental dan strategi peserta atau developernya untuk mengikuti ajang bergengsi dunia ini.

“Harapan kami para peserta mendapatkan target yang telah ditetapkan dan hasil dari Gamescom ini berdampak positif bagi game yang dipamerkan. Tidak hanya itu, berbagai gim terbaik yang telah terpilih akan menunjukkan kualitas dan posisi game Indonesia di mata global,” lanjutnya.

Berikut daftar 16 studio yang akan menjadi wakil Indonesia di Gamescom 2020 – Devcom Digital Conference 2020, terdiri dari 7 studio yang lolos dari open call dan 9 studio yang lolos dari program GELORA 2020.

Daftar studio yang lolos dari open call:

1. Agate (https://agate.id)
2. Lytogame (https://www.lytogame.com/)
3. Assemblr (https://assemblrworld.com/)
4. Gambir Studio (https://gambirstudio.com/)
5. Freemergency (https://freemergency.weebly.com/)
6. Big Fire Studio (https://miraclegates.com/)
7. Maulidan Games (http://maulidangames.com/)

Berikut ini adalah daftar studio yang lolos dari program GELORA 2020:

1. Megaxus Infotech (https://www.megaxus.com/)
2. Yayasan Teknologi untuk Indonesia (https://solveeducation.org/)
3. Educa Studio (https://www.educastudio.com/)
4. CIAYO Games (https://games.ciayo.com/)
5. Wisageni Studio (https://www.wisageni.com/)
6. GINVO Studio (https://ginvostudio.com/)
7. Anoman Studio (https://anomanstudio.com/)
8. SLAB Games (http://slabgames.com/)
9. Arsanesia (http://arsanesia.com/)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper