Jumlah Unduhan di App Store AS Salip Posisi China

Rahmad Fauzan
Jumat, 17 Juli 2020 | 10:29 WIB
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jumlah download di App Store Amerika Serikat mencatatkan pertumbuhan signifikan pada kuartal II/2020, melampui China untuk pertama kalinya sejak 2014.

Berdasarkan data Sensor Tower dalam laporan kuartal II/2020, Jumat (17/7/2020), jumlah pengunduhan di App Store Amerika Serikat (AS) tumbuh 27,4 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Pada saat yang sama, kenaikan unduhan di App Store China hanya mecapai 2,1 persen (year on year).

Sepanjang kuartal II/2020, jumlah unduhan di App Store AS mencapai 2,22 juta sedangkan China sebanyak 2,06 juta.

Jumlah unduhan di App Store China sempat merosot turun dari posisinya yang tinggi pada Maret-April 2020 akibat Covid-19. Tetapi, ketika pandemi mulai reda di China dan angka pengunduhan berjalan stabil, pandemi Covid-19 menyerang AS.

Akibatnya, angka pengunduhan di AS melonjak signifikan menyusul pemberlakuan pembatasan sosial dan lockdown di Negeri Paman Sam tersebut.

Jika dilihat secara global, jumlah unduhan baik di App Store maupun di Google Play Downloads melesat 31,7 persen menjadi 37,8 juta unduhan pada kuartal kedua tahun ini dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.

Adapun, India menjadi negara paling banyak melakukan aktivitas pengunduhan di App Store dan Google Play Downloads yang mencapai 6,9 juta pada periode yang sama. Posisi kedua ditempati oleh AS, diikuti dengan Brazil, Indonesia, dan Rusia.

Sebagai catatan, China tidak masuk dalam kategori ini karena Google Play Downloads tidak bisa diakses di Negeri Tirai Bambu ini.

Aplikasi paling populer baik di App Store dan Google Play Downloads adalah Zoom, diikuti dengan TikTok, Facebook, Whatsapp, dan Instagram. Zoom menjadi aplikasi ketiga, setelah Pokemon GO (III/2016) dan Tiktok (I/2020 dan II/2020) yang mampu mengantongi jumlah unduhan lebih dari 300 juta pada 3 bulan pertama.

Sumber : Sensor Tower
Sumber : Sensor Tower

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper