Anggaran Startup Dipangkas, Minat Investor Masih Tinggi

Rahmad Fauzan
Kamis, 9 Juli 2020 | 12:17 WIB
Ilustrasi startup./olpreneur.com
Ilustrasi startup./olpreneur.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Proses pengembangan perusahaan rintisan (startup) yang terhambat akibat pemangkasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020 di beberapa kementerian dinilai tidak mengurangi minat para investor untuk menanamkan modal.

Seperti diketahui, dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2020 tentang Perubahan Postur dan Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, anggaran Kemenparekraf dipangkas menjadi Rp3,32 triliun dari sebelumnya Rp5,36 triliun.

Pemangkasan anggaran juga dilakukan terhadap Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) yang juga melakukan pengembangan startup dari RP42,1 triliun menjadi Rp1,87 triliun.

Bendahara Asosiasi Modal Ventura Seluruh Indonesia (Amvesindo) Edward Ismawan Chamdani mengatakan minat investor terhadap startup lebih dipengaruhi oleh potensi pasar dan kondisi ekosistem.

"Dan di Indonesia, jumlah startup unggul dari masing-masing vertikal bisnis yang dilirik investor pasti ada," ujar Edward kepada Bisnis, Kamis (9/7/2020).

Selain itu, lanjut Edward, persaingan yang sehat diyakini bakal membuat perusahaan rintisan unggul memiliki daya saing yang teruji dan secara tidak langsung terefleksi dari kualitas layanan, produk dan kesigapan dalam menjalankan bisnis.

Lebih lanjut, Edward mengatakan besarnya level animo startup biasanya memudahkan proses pengembangan dan inovasi. Dia juga meyakini pangsa pasar di Indonesia dapat memudahkan startup memecahkan banyak masalah, memberikan solusi yang berguna bagi masyarakat, dan menarik minat para investor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper