Ini Lima Layanan Andalan Gojek Saat Pandemi Covid-19

Akbar Evandio
Senin, 6 Juli 2020 | 21:04 WIB
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di kawasan Mayestik, Jakarta, Rabu (18/3/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Bagikan
 
Bisnis.com, JAKARTA —  PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) mengklaim sejak pandemi Covid-19 mewabah, sejumlah layanan Gojek mengalami peningkatan permintaan. 
 
Chief of Corporate Affairs Gojek Nila Marita mengatakan bahwa tren kenaikan bersumber dari lima layanan, yakni layanan pesan antar makanan dan kebutuhan sehari-hari, layanan pembayaran digital, layanan donasi digital, layanan hiburan dan acara online, serta layanan logistik Gojek.
 
"Sejak awal masa pandemi [Covid-19] hingga memasuki masa tatanan baru sejumlah layanan Gojek mengalami peningkatan permintaan, menjadikan Gojek sebagai super app andalan masyarakat di tengah pandemi COVID-19 untuk tetap produktif dan memenuhi kebutuhan sehari-hari,” jelasnya dikutip dari keterangan resminya, Senin (6/7/2020).
Pertama adalah GoFood dan GoMart. Nila menjelaskan divisi GoFood meluncurkan berbagai inovasi yaitu fitur contactless delivery. Terobosan ini merupakan perluasan layanan dengan menghadirkan kategori makanan siap masak dan pembelian bahan pokok melalui Pasar Mitra Tani.
“Transaksi selama masa pandemi [Maret - Mei 2020] naik hingga tiga tiga kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi [Desember 2019 - Februari 2020]. Sementara itu pada periode yang sama, jumlah produk yang dibeli naik 4,6 kali lipat,” jelasnya.
Kedua adalah ransaksi menggunakan GoPay yang semakin diandalkan sebagai opsi pembayaran utama bagi masyarakat. Lebih rinci, dia mengemukakan transaksi GoPay di layanan GoMed (bermitra dengan Halodoc) meningkat dua kali lipat sejalan dengan upaya masyarakat untuk mengedepankan aspek kesehatan. 
Dengan kelengkapan fitur GoPay, pengguna dapat melakukan berbagai transaksi dengan aman dan nyaman. 
“Salah satunya adalah untuk berbagi rezeki di bulan Ramadan; dimana jumlah transfer saldo GoPay ke sesama pengguna meningkat empat empat kali lipat dibandingkan bulan Ramadan tahun lalu,” jelasnya.
Ketiga adalah donasi menggunakan GoPay. Nila menyebutkan, berjaga jarak selama pandemi tidak menghentikan masyarakat untuk saling membantu. Total donasi yang disalurkan menggunakan GoPay mencapai Rp45 miliar pada periode Maret-Mei 2020 atau naik dua kali lipat dibandingkan periode sebelum pandemi.
 
Donasi menggunakan GoPay itu disalurkan masyarakat ke Kitabisa.com, ratusan rumah ibadah dan yayasan, pembelian tiket konser amal melalui GoTix, serta pembayaran zakat digital lewat aplikasi Gojek.
 
Adapun apresiasi ke mitra driver melalui tip di akhir layanan mencapai Rp77,6 miliar pada periode yang sama, naik dua kali lipat selama pandemi.
Keempat adalah GoGames, GoPlay, dan GoTix. Dia melihat bahwa di rumah saja tidak menjadi penghalang masyarakat untuk tetap produktif dan mendapat hiburan berkualitas. 
Dia mengatakan bahwa masyarakat semakin gemar main gim online, terlihat dari  terjadinya peningkatan jumlah sesi permainan di GoGames sebanyak 64 kali lipat.
Terakhir adalah peningkatan transaksi di GoSend. Nila menyebutjumlah pesanan layanan pengiriman GoSend meningkat hampir 90 persen. 
“Khusus sepanjang  bulan Ramadan tahun ini, lebih dari 80% transaksi GoSend  berasal dari layanan mengantarkan makanan dan minuman, kegiatan yang memperlihatkan  simbol perhatian dan kasih sayang antar kerabat,” jelasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper