Peneliti Temukan Lansekap Kuno Bawah Laut Berusia 7.000 Tahun di Australia

Lukas Hendra TM
Kamis, 2 Juli 2020 | 15:40 WIB
Lansekap Kuno Bawah Laut Berusia 7.000 Tahun di Australia
Lansekap Kuno Bawah Laut Berusia 7.000 Tahun di Australia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Situs arkeologi Aborigin bawah laut pertama telah ditemukan di barat laut Australia sejak ribuan tahun yang lalu ketika dasar laut saat ini adalah tanah kering.

Artefak Aborigin yang ditemukan di lepas pantai Pilbara di Australia Barat mewakili arkeologi bawah laut tertua yang diketahui di Australia.

Penemuan ini dilakukan melalui serangkaian survei arkeologi dan geofisika di Kepulauan Dampier, sebagai bagian dari Proyek Sejarah Negara Laut Dalam (Deep History of Sea Country Project) yang didanai melalui Australian Research Council’s Discovery Project Scheme.

Sebuah tim arkeolog internasional dari Flinders University, University of Western Australia, James Cook University, ARA - Airborne Research Australia dan University of York (Inggris) bermitra dengan Murujuga Aboriginal Corporation untuk mencari dan menyelidiki artefak kuno di dua situs bawah laut yang telah menghasilkan ratusan alat batu yang dibuat oleh orang Aborigin, termasuk batu gerinda.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan hari ini (Kamis 2 Juli 2020) di PLOS ONE, situs bawah air kuno, di Cape Bruguieres dan Flying Foam Passage, memberikan bukti baru tentang cara hidup Aborigin sejak dasar laut adalah tanah kering, karena permukaan laut yang lebih rendah, ribuan tahun yang lalu.

Lanskap budaya yang terendam mewakili apa yang sekarang dikenal sebagai Sea Country bagi banyak Penduduk Asli Australia, yang memiliki hubungan budaya, spiritual, dan historis yang dalam dengan lingkungan bawah laut ini.

“Hari ini kami mengumumkan penemuan dua situs arkeologi bawah laut yang dulunya di tanah kering. Ini adalah langkah yang menarik bagi arkeologi Australia karena kami mengintegrasikan arkeologi maritim dan Adat dan menarik hubungan antara darat dan laut,” kata Associate Professor Jonathan Benjamin yang merupakan Koordinator Program Arkeologi Maritim di Sekolah Tinggi Ilmu Budaya, Seni, dan Ilmu Sosial Universitas Flinders, seperti dikutip dari laman Universitas Flinders, Kamis (2/7/2020).

Dia menambahkan Australia adalah benua besar tetapi hanya sedikit orang yang menyadari bahwa lebih dari 30% daratannya tenggelam oleh kenaikan permukaan laut setelah zaman es terakhir. Ini berarti bahwa sejumlah besar bukti arkeologis yang mendokumentasikan kehidupan orang Aborigin sekarang berada di bawah air.

“Sekarang kita akhirnya memiliki bukti pertama bahwa setidaknya beberapa bukti arkeologis ini selamat dari proses kenaikan permukaan laut. Arkeologi pantai kuno tidak hilang untuk selamanya; kami belum menemukannya. Penemuan-penemuan baru ini adalah langkah pertama menuju penjelajahan perbatasan nyata terakhir arkeologi Australia,” katanya.

Tim penyelaman memetakan 269 artefak di Cape Bruguieres di perairan dangkal pada kedalaman hingga 2,4 meter di bawah permukaan laut modern. Penanggalan radiokarbon dan analisis perubahan permukaan laut menunjukkan situs tersebut berusia setidaknya 7000 tahun.
Situs kedua yakni lying Foam Passage yang memiliki mata air fresh water (air tawar) yang berlokasi 14 meter di bawah permukaan laut. Situs ini diperkirakan berusia setidaknya 8500 tahun. Kedua situs mungkin jauh lebih tua karena tanggal hanya mewakili usia minimum; mereka mungkin bahkan lebih kuno.

Peneliti Temukan Lansekap Kuno Bawah Laut Berusia 7.000 Tahun di Australia

Tim arkeolog dan geoscientists menggunakan pemodelan prediktif dan berbagai teknik penginderaan jauh dan bawah air, termasuk metode penyelaman ilmiah, untuk mengkonfirmasi lokasi situs dan keberadaan artefak.

Chelsea Wiseman dari Flinders University yang telah mengerjakan proyek DHSC sebagai bagian dari penelitian PhD-nya mengungkapkan pada satu titik akan ada tanah kering yang membentang 160 km dari garis pantai saat ini. Tanah itu akan dimiliki dan dihidupi secara turun-temurun oleh orang Aborigin.

“Penemuan kami menunjukkan bahwa bahan arkeologi bawah laut telah selamat dari kenaikan permukaan laut, dan meskipun situs-situs ini terletak di perairan yang relatif dangkal, kemungkinan akan ada lebih banyak di perairan yang lebih dalam di lepas pantai,” ujarnya.

Sementara itu, Michael O'Leary, ahli geomorfologi laut di University of Western Australia mengungkapkan wilayah-wilayah yang sekarang berada di bawah air ini memiliki lingkungan yang menguntungkan bagi permukiman Adat termasuk air tawar, keanekaragaman ekologis, dan peluang untuk mengeksploitasi sumber daya laut yang akan mendukung kepadatan populasi yang relatif tinggi.

Penemuan situs-situs ini menekankan perlunya undang-undang federal yang lebih kuat untuk melindungi dan mengelola warisan bawah laut di 2 juta kilometer persegi bentang alam yang dulunya di atas permukaan laut di Australia, dan memiliki wawasan besar dalam sejarah manusia.

Peneliti Temukan Lansekap Kuno Bawah Laut Berusia 7.000 Tahun di Australia

“Mengelola, menyelidiki dan memahami arkeologi landas kontinen Australia dalam kemitraan dengan pemilik dan penjaga tradisional Aborigin dan Torres Strait Islander adalah salah satu batas terakhir dalam arkeologi Australia,” kata Benjamin.

Dia menambahkan bahwa hasil tersebut merupakan langkah pertama dalam perjalanan penemuan untuk mengeksplorasi potensi arkeologi di landas kontinen yang dapat mengisi celah besar dalam sejarah manusia benua.

Bagi Murujuga, ini menambah bukti tambahan yang substansial untuk mendukung sejarah waktu yang mendalam dari aktivitas manusia yang menyertai produksi seni cadas di Tempat Warisan Nasional yang penting ini.

CEO Murujuga Aboriginal Corporation Peter Jeffries mengatakan penemuan itu akan membantu komunitas menambah kisah orang Aborigin di Pilbara. Dia menilai eksplorasi lebih lanjut dapat menggali peninggalan budaya yang sama dan membantu kita untuk lebih memahami kehidupan orang-orang yang begitu terhubung dengan area-area tanah yang sekarang berada di bawah air.

"Dengan ini muncul persyaratan baru untuk pengelolaan yang cermat dari Sea Country Aborigin karena tidak secara otomatis dilindungi oleh undang-undang warisan saat ini, namun rencana sedang berkembang untuk memimpin perubahan ini dan melindungi tanah dan warisan negara laut kami," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper