Begini Cara Nonton Netflix dengan Resolusi 4K di Mac

Rezha Hadyan
Selasa, 30 Juni 2020 | 19:11 WIB
Netflix. Bloomberg
Netflix. Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menonton video beresolusi 4K di Netflix dapat dilakukan dengan menggunakan MacOS Big Sur..

Pasalnya, sistem operasi tersebut menyertakan pembaruan peramban Safari yang kabarnya memungkinkan pengguna menonton video Netflix beresolusi 4K bersama dengan Dolby Vision HDR.

Seperti dikutip dari The Verge, Selasa (30/6/2020), kabar tersebut pertama kali diungkapkan oleh pegiat gawai asal India, Ihsan Agarwal lewat akun Twitter-nya @ihsanagarwal24 belum lama ini.

"Oh Tuhan! Netflix di macOS Browser Safari Big Sur baru saja memberiKAN 4K Stream dengan Dolby Vision di MacBook Pro! Sebelumnya itu hanya 1080p dengan Dolby Vision. Ini luar biasa," demikian cuitnya.

Hal tersebut mungkin menandai pertama kalinya pengguna MacOS dapat melakukan streaming Netflix dalam 4K. Sebelumnya, streaming 4K Netflix di komputer sama sekali mengharuskan pengguna berada di Windows dan menggunakan browser Microsoft's Edge atau aplikasi Netflix Windows 10.

Dengan demikian, secara teori, pengguna bisa menonton Netflix dalam 4K di Mac melalui Windows di partisi Boot Camp - tetapi hanya memuat Safari, yang di-install dengan macOS Big Sur. Adapun Big Sur dikabarkan dirilis pada musim gugur tahun ini.

Namun demikian, pengguna tidak hanya memerlukan Big Sur untuk mendapatkan pengalaman 4R HDR penuh dengan Netflix di Safari.

Pemanfaatan fitur tersebut juga membutuhkan Mac yang lebih baru dengan dukungan HDR. Banyak produk Apple yang diperkenalkan sejak 2018 mendukung HDR.

Selain itu, pengguna juga harus berlangganan paket Premium Netflix sebesar US$15,99 per bulan untuk mendapatkan fasilitas 4K tersebut.

Sebagai catatan, Netflix bukan satu-satunya platform video yang mendapatkan peningkatan 4K dengan pembaruan perangkat lunak Apple yang akan datang, karena Apple mengumumkan minggu lalu bahwa Apple TV 4K akhirnya akan dapat memutar YouTube pada 4K dengan tvOS 14.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Sumber : The Verge
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper