Microsoft Dynamics 365: Solusi Aman Berbisnis Di Dunia Maya

Rahmad Fauzan
Rabu, 24 Juni 2020 | 23:22 WIB
Logo Microsoft terlihat dengan latar awan di Los Angeles, Amerika Serikat pada 14 Juni 2016/REUTERS-Lucy Nicholson
Logo Microsoft terlihat dengan latar awan di Los Angeles, Amerika Serikat pada 14 Juni 2016/REUTERS-Lucy Nicholson
Bagikan

Bisnis, JAKARTA - Memindahkan lapak bisnis ke dunia maya saat ini adalah sebuah keniscayaan. Permintaan pasar terhadap platform dagang-el yang diprediksi melonjak dalam beberapa tahun mendatang menjadi alasan bagi para pedagang untuk melakukan bisnis secara daring.

Data Bain & Company menyebutkan pembeli digital di Indonesia diprediksi meningkat dari sekitar 64 juta menjadi lebih dari 110 juta selama periode 2015 hingga 2025 dengan pendapatan melebihi US$40 juta.

Platform dagang-el memang potensial. Pasalnya, platform tersebut memungkinkan pelaku usaha untuk dapat menjangkau lebih banyak pembeli dan membuka toko tanpa harus mengeluarkan biaya sepertihalnya di dunia luring.

Merchant Community & Engagement Lead of Bukalapak Ian Agisti mengatakan terdapat beberapa keuntungan menjadi pedagang daring, khususnya di Bukalapak; pertama, mendapatkan kepercayaan pelanggan dan menjadi prioritas di hasil pencarian Bukalapak.

Kedua, dapat melakukan promosi lebih hemat dengan bonus dan diskon khusus; ketiga, dapat berkomunikasi dengan mudah melalui fitur Bantuan Khusus Super Seller Bukalapak; keempat, mendapatkan info statistik penjualan, tren pasar, dan benefit premium lain.

Namun demikian, berjualan daring tiak terlepas dari bahaya. Solution Lead, Business Application Microsoft Asia Pasifik Christo Sardjono mengatakan total dampak ekonomi akibat penipuan di industri dagang-el secara global mencapai US$250 miliar setiap tahun.

Dengan demikian, pelaku usaha daring dituntut untuk memiliki sistem untuk proteksi proses bisnis yang dijalankan.

"Fraud akan memberikan pengalaman belanja yang tidak optimal bagi pelanggan, meningkatkan pengeluaran operasional, serta mengurangi pendapatan," ujar Christo dalam acara bertajuk Digitalize to Maximize Your Business Short Course, Session 2: Moving Your Business To Digital yang diselenggarakan dalam kerja sama dengan Bisnis, Selasa (23/6/2020).

Pelaku usaha di platform digital dapat menerapkan otentifikasi berlapis serta menerapkan teknologi seperti Captcha dan beberapa sistem proteksi lainnya untuk menghindari terjadinya penipuan.

Seperti diketahui, pendekatan inovatif untuk melawan pelaku penipuan daring adalah dengan menggunakan solusi keamanan digital. Salah satu solusi yang dapat dimanfaatkan untuk hal tersebut adalah Microsoft Dynamics 365 Fraud Protection.

Microsoft Dynamics 365 Fraud Protection memiliki 5 pilar proteksi, antara lain Adaptive AI (Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan) Technology, jaringan proteksi fraud, transaction acceptance booster, costumer escalation support, dan account creation protection.

Pilar-pilar proteksi tersebut dikatakan dapat meningkatkan pendapatan, mengurangi pengeluaran operasional, serta mengurangi frekuensi friksi pada saat pelanggan berbelanja.

Selain itu, pemanfaatan teknologi AI dapat mengaktivasi data guna meningkatkan wawasan pelanggan terkait dengan ahaya penipuan digital.

Microsoft Dynamics 365 juga dapat mengurangi total cost of ownership (TCO), me-unifikasi data kostumer dengan prebuilt connectors, memprediksi intensitas pelanggan dan mengarahkan ke segmentasi yang pas, serta menyesuaikan interaksi dengan proses yang otomatis dan pengalaman yang costumer-centric.

Para pelaku usaha pun dapat menginvestasikan dana perusahaan untuk dengan aman dan nyaman. Hal tersebut dijamin oleh kemampuan Microsoft Dynamics 365 dalam mengelola data pelanggan.

Solusi tersebut juga mudah untuk dikonfigurasikan, extensible, serta sesuai dengan regulasi yang berlaku di Tanah Air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper