Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menteri Kominfo: Percepatan Digitaliasi Jadi Fokus 2021

Percepatan digitalisasi nasional akan menjadi fokus dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 2021, khususnya saat era new normal.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 22 Juni 2020  |  20:33 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, Senin (22/6/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menghadiri rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, Senin (22/6/2020). Bisnis - Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memaparkan percepatan digitalisasi nasional akan menjadi fokus dari rencana kerja dan anggaran pada 2021.

Dalam rapat pertama kali yang dilakukan secara langsung saat pandemi Covid-19, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate juga membahas beberapa isu aktual bidang komunikasi dan Informatika.

“Saya beserta jajaran Kementerian Kominfo akan menjelaskan beberapa hal sesuai dengan agenda rapat hari ini yaitu Rencana Kerja dan Anggaran dan Rencana Kerja Pemerintah TA [tahun anggaran] 2021 Kemkominfo dan beberapa isu aktual terkait komunikasi dan informatika,” jelasnya dalam rapat kerja Komisi I DPR-RI di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Senin (22/06/2020).

Johnny memaparkan mengenai kebijakan dan program strategis Kementerian Kominfo terkait penerapan era new normal, evaluasi penggunaan aplikasi tracing, tracking, fencing Covid-19, dan persiapan pihaknya dalam terkait Pilkada Serentak Desember 2020.

Sementara, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Bambang Kristiono mengatakan Komisi I DPR pun menyimpulkan bahwa pihaknya dapat menerima penjelasan kementerian komunikasi dan informatika terkait pagu indikatif rencana kerja anggaran (RKA) dan rencana kerja pemerintah (RKP) Kemkominfo tahun anggaran 2021 sejumlah Rp5,746 triliun.

Adapun, dia menyampaikan bahwa dalam pagu indikatif RKA/RKP Kemenkominfo TA 2021 itu juga termasuk pagu indikatif RKA/RKP Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat sebesar Rp59,172 miliar, Komisi Informasi (KI) Pusat sebesar Rp34,389 miliar, dan Dewan Pers sebesar Rp35,614 miliar.

Selain itu, dia melanjutkan bahwa Komisi I pun mendukung peningkatan kebutuhan anggaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sesuai usulan sebesar Rp16,8 triliun.

"Komisi I DPR RI mendukung peningkatan kebutuhan anggaran Kemenkominfo sesuai usulan kebutuhan anggaran tambahan Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp16,8 triliun dari total kebutuhan anggaran Kemenkominfo TA 2021 sebesar Rp22,5 triliun," paparnya.

Dia mengatakan anggaran tersebut akan digunakan untuk percepatan digitalisasi nasional yang mencakup antara lain percepatan infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kominfo digital
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top