Soho Temukan Komet ke 4.000

Lukas Hendra TM
Jumat, 19 Juni 2020 | 11:09 WIB
Komet ke 4.000 yang ditemukan SOHO/NASA
Komet ke 4.000 yang ditemukan SOHO/NASA
Bagikan

Bisnis.com, MANADO— Observatorium Matahari dan Heliosfer (solar and heliospheric observatory/SOHO) mencatat penemuan komet ke-4000 mereka dalam sejarah 25 tahun wahanan antariksa tersebut.

SOHO adalah misi bersama European Space Agency (ESA) dan NASA. Diluncurkan pada tahun 1995, SOHO mempelajari matahari dari interiornya ke atmosfer luarnya, dengan pandangan yang tidak terputus dari titik pandangnya antara Matahari dan Bumi, sekitar satu juta mil dari planet kita. Namun, selama dua setengah dekade terakhir, SOHO juga telah menjadi pencari komet terbesar dalam sejarah manusia.

NASA dalam laman resminya mengungkapkan seorang citizen scientist (ilmuwan yang biasanya merupakan bagian dari proyek kolaboratif dengan ilmuwan professional) pada 15 Juni 2020 melihat komet pada data SOHO yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Komet ini dijuluki SOHO-4000 sambil menunggu penunjukan resmi dari Minor Planet Center. Seperti kebanyakan komet yang ditemukan SOHO lainnya, SOHO-4000 adalah bagian dari keluarga Kreutz dari sungrazers.

Keluarga Kreutz, semua komet mengikuti lintasan umum yang sama, yang membawa mereka menelusuri atmosfer luar Matahari. SOHO-4000 berada di sisi kecil, dengan diameter dalam kisaran 15-30 kaki, dan sangat redup dan dekat dengan Matahari ketika ditemukan - yang berarti SOHO adalah satu-satunya observatorium yang melihat komet, karena tidak mungkin untuk lihat dari Bumi dengan atau tanpa teleskop.

“Saya merasa sangat beruntung telah menemukan komet ke-4.000 SOHO. Meskipun saya tahu bahwa SOHO mendekati penemuan komet ke-4.000-nya, saya awalnya tidak berpikir bahwa sungrazer ini adalah dia," kata Trygve Prestgard, yang pertama kali melihat komet dalam data SOHO, dikutip dari laman NASA, Rabu (17/6/2020).

Kecakapan berburu komet SOHO berasal dari kombinasi umur panjang, instrumen sensitif yang berfokus pada solar korona, dan kerja tak kenal lelah para citizen scientist yang menjelajahi data SOHO untuk komet yang sebelumnya belum ditemukan, yang merupakan gumpalan gas beku, batu dan debu. yang mengorbit matahari.

"SOHO tidak hanya telah menulis ulang buku-buku sejarah dalam hal fisika matahari, tetapi, secara tak terduga, itu juga menulis ulang buku-buku dalam hal komet," kata Karl Battams, seorang ilmuwan ruang angkasa di US Naval Research Lab di Washington, DC, yang bekerja pada SOHO dan mengelola program pencarian kometnya.

Adapun, sebagian besar komet yang ditemukan dalam data SOHO berasal dari instrumen coronagraph-nya, yang disebut LASCO, kependekan dari Large Angle and Spectrometric Coronagraph.

Seperti coronagraph lainnya, LASCO menggunakan benda padat - dalam hal ini, cakram logam - untuk menghalangi wajah cerah Sun, memungkinkan kameranya untuk fokus pada atmosfer luar yang relatif samar, korona.

Korona sangat penting untuk memahami bagaimana perubahan Matahari menyebar ke tata surya, menjadikan LASCO bagian penting dari pencarian ilmiah SOHO untuk memahami Matahari dan pengaruhnya.

Namun, dengan fokus pada wilayah ini juga berarti LASCO dapat melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan teleskop lain - ia dapat melihat komet terbang sangat dekat dengan Matahari, yang disebut sungrazers, yang dinyatakan terhapus oleh cahaya matahari yang kuat dan mustahil untuk dilihat.

Inilah sebabnya mengapa hampir semua 4.000 penemuan komet SOHO berasal dari data LASCO.
Seperti kebanyakan orang yang telah menemukan komet dalam data SOHO, Prestgard adalah citizen scientist, yang mencari komet di waktu luangnya dengan Proyek Sungrazer.

Sungrazer Project adalah proyek citizen scientist yang didanai NASA, dikelola oleh Battams, yang tumbuh dari penemuan komet oleh citizen scientist pada awal misi SOHO.

Prestgard mengungkapkan dia telah terlibat aktif dalam Proyek Sungrazer selama sekitar delapan tahun. Pekerjaannya dengan sungrazers adalah yang memantapkan minat jangka panjangnya pada sains planet,.

"Saya menikmati perasaan menemukan sesuatu yang sebelumnya tidak diketahui, apakah ini komet ‘real time’ yang bagus atau yang sudah lama ada di arsip,” katanya yang baru-baru ini menyelesaikan gelar master dalam geofisika dari Université Grenoble Alpes di Prancis.

Secara total, Prestgard telah menemukan sekitar 120 komet yang sebelumnya tidak diketahui menggunakan data dari SOHO dan misi STEREO NASA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper