Electronic Arts: Fitur Sosial dalam Gim Jadi Tren di Masa Depan

Aprianto Cahyo Nugroho
Jumat, 19 Juni 2020 | 08:18 WIB
Tampilan gim The Sims 4 Eco Lifestyle produksi Electronic Arts/ EA
Tampilan gim The Sims 4 Eco Lifestyle produksi Electronic Arts/ EA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pengembang gim Electronic Arts Inc. memproyeksikan bahwa fitur sosial dalam gim video akan menjadi tren di masa depan.

Perusahaan berupaya mengembangkan lebih banyak cara komunikasi antarpengguna di dalam perangkat lunaknya, sehingga banyak orang dapat mengobrol dan berbagi pengalaman tanpa harus meninggalkan permainan.

Kepala studio Electronics Arts, Laura Miele, mengatakan saat ini banyak orang bermain gim sambil menggunakan aplikasi komunikasi seperti Discord secara bersamaan. Tren tersebut mendorong perusahaan mengembangkan fitur tersebut untuk diintegrasikan ke dalam gim.

"Saya pikir kita perlu mendukung keterlibatan sosial dalam satu pengalaman, dibandingkan menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Ada peluang besar di sana," kata Miele dalam sebuah wawancara, seperti dikutip Bloomberg.

Pengembang franchise gim besar seperti Battlefield, The Sims dan Madden NFL tersebut tengah mengembangkan cara-cara baru bagi para pemain untuk merencanakan strategi mereka dan melakukan persiapan sebelum memulai permainan, selain untuk berbagi konten yang dibuat pengguna. Miele menyebut upaya sebagai prioritas perusahaan.

Dengan banyak orang masih terjebak di rumah selama pandemi virus Corona, gim video menjadi tempat berkumpul yang lebih besar secara virtual. Semakin banyak orang yang menggunakan platform gim untuk menonton film, menghadiri konser, dan hanya berkumpul teman-teman. Pesta ulang tahun dan kelulusan dalam gim juga menjadi lebih umum.

Konsol generasi mendatang (next-gen) dari Sony Corp dan Microsoft Corp yang dijadwalkan rilis akhir tahun ini juga diharapkan menghasilkan lebih banyak gebrakan. Kedua konsol dirancang untuk menawarkan grafik yang lebih baik dan gameplay yang lebih memukau.

"Kami sedang mengevaluasi semua kemungkinan. Perangkat keras dan platform baru jelas akan memungkinkan layanan baru," kata Miele.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper