Google Play Billing Versi 3, Lindungi Pengguna Android dari Pengembang Aplikasi Nakal

Rezha Hadyan
Kamis, 18 Juni 2020 | 09:28 WIB
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Google diketahui sedang melakukan percobaan terhadap metode terbaru berlangganan aplikasi.

Nantinya, pengguna bisa membayar biaya berlangganan tanpa perlu terlebih dahulu mengunduh dan memasang aplikasi tersebut di perangkat mereka.

Dilansir dari TechCruch pada Kamis (18/6/2020), Google telah mengisyaratkan kehadiran metode terbaru berlangganan aplikasi setelah mengumumkan Google Play Billing Library Versi 3.

Sebagai catatan, Google Play Billing merupakan layanan pengelolaan transaksi, baik pembelian maupun berlangganan konten, aplikasi, dan gim di Google Play Store.

"Google Play Billing Library Versi 3 memungkinkan pengguna untuk membeli atau berlangganan produk-produk Anda (pengembang) dari luar aplikasi, seperti melalui Google Play Store)," demikian pernyataan Google.

Metode baru yang dihadirkan oleh Google Play Billing Versi 3 menjadi dari upaya Google memberikan dukungan terhadap layanan berlangganan digital dan pengembang yang patuh terhadap aturan.

Pasalnya, selama ini sejumlah aplikasi seluler seringkali menipu pengguna lewat "fleeceware". Mereka menggunakan pemasaran dan celah yang menyesatkan dalam cara sistem operasi seluler menangani percobaan dan langganan untuk membuat pengguna mengunduh aplikasi dan menyetujui langganan mahal sebelum menggunakannya.

Aplikasi ini sering menggunakan daya pikat uji coba gratis. Dengan adanya Google Play Billing Versi 3, apabila pengguna memasang aplikasi di perangkatnya tanpa membaca bahwa itu melibatkan langganan berbayar, mereka tidak perlu melalui proses mendaftar dan mengonfirmasi detail pembayaran di dalam aplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper