Amazon Kembangkan Teknologi Social Distancing dengan Augmented Reality

Nirmala Aninda
Rabu, 17 Juni 2020 | 12:14 WIB
Amazon menciptakan teknologi untuk jarak aman selama pandemi virus corona./potongan gambar di video
Amazon menciptakan teknologi untuk jarak aman selama pandemi virus corona./potongan gambar di video
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sulit untuk mengetahui dengan tepat seberapa dekat Anda dengan seseorang tanpa melanggar aturan jarak sosial, tetapi Amazon telah mempermudah para pekerja di gudang perusahaan dengan menggunakan lingkaran merah dan hijau.

Wakil presiden dan insinyur terkemuka di Departemen Robotika Amazon, Brad Porter, mengunggah postingan di blog Amazon Day One dan memperkenalkan sistem yang baru dikembangkan yang disebut "Distance Assistance."

"Teknologi ini bertujuan membantu karyawan Amazon untuk tetap menjaga jarak secara sosial dari satu sama lain setiap saat, dan itu dimungkinkan melalui kombinasi kecerdasan buatan, pembelajaran mesin, dan augmented reality," seperti dikutip melalui Entrepreneur, Rabu (17/6/2020).

Dalam praktiknya, Distance Assistance terdiri dari monitor 50 inci, kamera, dan komputer yang digabungkan menjadi unit mandiri yang dapat digunakan di mana saja di dalam gudang Amazon dengan outlet daya.

Teknologi ini menciptakan alat seperti cermin ajaib yang membantu karyawan melihat jarak fisik mereka dari orang lain dengan melukis lingkaran di sekitar kaki mereka.

Lingkaran hijau menunjukkan bahwa mereka berada pada jarak yang aman dari yang lain, di mana ketika lingkaran merah menandakan mereka terlalu dekat dan harus mengambil tindakan agar garis berubah menjadi hijau.

"Untuk saat ini, Amazon telah mengerahkan unit-unit 'Distance Assistance' di beberapa gedung kami, berkat umpan balik positif dari karyawan alat ini akan dikerahkan di ratusan lokasi dalam beberapa pekan mendatang," tulis Porter.

Amazon juga dikabarkan bermaksud untuk membuka akses dari sumber perangkat lunak dan AI yang digunakan untuk menciptakan sistem ini sehingga perusahaan lain dapat mengadopsi teknologinya dan menjaga keamanan karyawan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper