Sony Resmi Rilis PlayStation 5, Ini Penampakannya

Aprianto Cahyo Nugroho
Jumat, 12 Juni 2020 | 08:23 WIB
PlayStation 5/Bloomberg
PlayStation 5/Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sony akhirnya resmi merilis penampakan konsol gim generasi terbarunya, PlayStation 5, bersamaan dengan jajaran gim yang baru yang akan mengisi line up konsol masa depan (next-gen) ini.

Sony memamerkan wujud konsol terbarunya ini dalam video presentasi perdana PlayStation 5 yang digelar lewat YouTube dan Twitch pada Jumat (12/6/2020) dini hari WIB.

Bentuk fisik PS5 dibalut dengan eksterior warna putih dengan kotak hitam di bagian dalamnya. Kombinasi ini senada dengan controller PS5, DualSense, yang sebelumnya telah diperkenalkan pada April lalu.

PlayStation 5/Sony
PlayStation 5/Sony

Sony juga akan menjual versi konsol tanpa pembaca piringan Blu-ray untuk penggemar yang lebih memilih memainkan gim dengan mengunduh versi digital, selain varian reguler dengan mesin pembaca piringan.

Sony sebelumnya berencana merilis konsol PS5 pada 4 Juni 2020, namun tertunda oleh aksi protes yang berujung pada kerusuhan di sejumlah kota di AS sebagai respons atas kematian George Floyd, seorang pria kulit hitam di Minnesota.

Dalam konferensi ini, Sony juga mengumumkan serangkaian gim baru dari sejumlah franchise gim terkenal, termasuk Resident Evil 8 Village, remake dari Demon's Souls, Gran Turismo 7, Ratchet & Clank: Rift Apart, Marvel’s Spider-Man Miles Morales, serta Grand Theft Auto V dengan fitur ekstra.

PlayStation 5/Sony
PlayStation 5/Sony

Selain dari pengembang besar, Sony juga merilis gim dari pengembang independen, di antaranya gim ringan bertemakan kartun Bugsnax dan gim petualangan berjudul Kena: Bridge of Spirits.

Berbagai jenis gim yang dipamerkan in idapat membantu memperluas daya tarik PS5 dan menarik audiens yang lebih muda seperti yang biasanya menjadi target pasar Nintendo Co.

“Sony menunjukkan kepada kami banyak permainan kartun, berbeda dari peluncuran PS4 ketika gim didominasi oleh permainan fotorealistik,” Kata analis di Ace Research Institute Hideki Yasuda, seperti dikutip Bloomberg.

Banyak pihak menaruh harapan tinggi untuk PS5. Sony saat ini telah mendominasi pasar gim video selama tujuh tahun terakhir dengan penjualan lebih dari 110 juta unit dan membayangi upaya Microsoft dengan konsol Xbox-nya.

Sony belum merilis harga resmi dari konsol terbarunya ini, namun analis Ampere Analysis Piers Harding-Rolls memperkirakan PS5 akan dijual seharga US$450-US$499.

"Harga yang lebih mahal sebenarnya diperkirakan memiliki dampak minimal pada adopsi pada saat peluncuran. Dalam kisaran tertentu yang kurang dari US$500, harga bukanlah faktor utama,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper