Waspada! Nomor Pengguna Whatsapp Bisa Bocor di Mesin Pencari

Rezha Hadyan
Rabu, 10 Juni 2020 | 08:58 WIB
WhatsApp/Androidpit
WhatsApp/Androidpit
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pakar keamanan siber menyebut nomor pengguna Whatsapp rentan terhadap kejahatan siber.

Menurut pengamat keamanan siber dari Hackerone & Bugcrowd Athul Jayaran, nomor pengguna Whatsapp dapat dengan mudah terungkap lewat fitur Click to Chat. Pasalnya, nomor pengguna terekspos oleh domain 'wa.me' milik WhatsApp yang menyimpan metadata Click to Chat dengan mengetikkan alamat https://wa.me/>.

Tautan tersebut membuat nomor telepon pengguna masuk dalam hasil pencarian Google dan rentan digunakan untuk tindak kejahatan siber.

"Nomor ponsel Anda terlihat didalam URL ini dan siapa pun yang memegang URL dapat mengetahui nomor ponsel Anda," ujar Jayaram dikutip dari TechRadar pada Rabu (10/6/2020).

Fitur Click to Chat memungkinkan pengguna untuk memulai obrolan dengan seseorang tanpa harus menyimpan nomornya terlebih dahulu dalam kontak di ponsel.

Selama pengguna mengetahui nomor teleponnya dan memiliki akun WhatsApp aktif, pengguna dapat membuat tautan yang untuk pengguna memulai obrolan.

Jayaram mengatakan belum ada cara ada untuk mencegah mesin pencari, khususnya Google untuk tidak mengindeks metadata Whatsapp ini. Jadi pengguna Whatsapp tinggal bersiap-siap saja dengan berbagai kemungkinan tindak kejahatan siber yang mungkin akan menimpanya.

"Ketika nomor telepon individu bocor, pelaku kejahatan siber dapat mengirim pesan, menelepon, bahkan dapat menjual nomor ke pelaku lain," tutupnya.

Facebook Inc. selaku pemilik Whatsapp merespon dengan cepat temuan Jayaram. Mereka mengaku telah mengambil tindakan dan menutup celah keamanan yang berpotensi membahayakan penggunanya itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper