Tingkatkan Komputasi Awan, XL Axiata Gandeng Google Cloud

Rahmad Fauzan
Selasa, 9 Juni 2020 | 10:41 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Google Cloud menjalin kemitraan strategis sebagai kelanjutan penerapan strategi hybrid-cloud XL Axiata dengan Anthos dengan target mengalihkan 70 persen beban kerja perusahaan ke komputasi awan dalam tiga tahun ke depan.

XL Axiata mengadopsi platform manajemen aplikasi modern dari Anthos-Google Cloud untuk mengotomatisasi, mengelola, dan membuat skala beban kerja di lingkungan hybrid/multi-cloud perusahaan secara aman dan konsisten.

Google Cloud Anthos memungkinkan perusahaan membangun serta mengelola aplikasi berbasis Kubernetes, baik yang ada di pusat data lokal, Google Cloud, atau solusi cloud lainnya, tanpa perlu modifikasi.

Dengan memigrasikan platform layanan mikronya ke Google Cloud dan menghadirkan Google Kubernetes Engine (GKE) Anthos di pusat data lokalnya, XL Axiata dapat memperluas kapabilitas komputasi awan di sumber daya yang dimilikinya, baik yang lokal atau berbasis cloud secara ekonomis.

Lebih jauh, XL berencana mengimplementasikan platform analisis data Google Cloud yang bisa diskalakan untuk menyempurnakan pengalaman pelanggan melalui teknologi berbasis data dan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Selain itu, peluncuran region GCP Google Cloud di Jakarta memampukan XL Axiata untuk menyimpan, memproses, dan menganalisis data secara real time dan lokal untuk melayani pelanggan lama dan yang baru di Indonesia.

“XL Axiata berkomitmen untuk memodernisasi infrastruktur kami demi meningkatkan fleksibilitas bisnis dan mempercepat deployment aplikasi. Anthos sangat ideal bagi kami karena memungkinkan kami mengadopsi kontainer sekaligus memungkinkan Google, pemimpin di teknologi Kubernetes, melakukan pengelolaan infrastruktur kontainer bagi kami,” ujar Chief Information and Digital Officer XL Axiata Yessie D Yosetya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Selasa (9/6/2020).

Dalam kemitraan strategis tersebut, XL Axiata sekaligus menjadi partner interkoneksi Google Cloud guna menyajikan konektivitas berkecepatan tinggi dengan kemampuan transfer data yang baik di lima pusat data XL Axiata dan jaringan global Google.

Melalui Interkoneksi Partner tersebut, traffic antara jaringan lokal dan Google Cloud tidak melewati jaringan internet publik, melainkan diarahkan melalui jalur langsung di jaringan milik XL Axiata.

Hal tersebut akan mengurangi jumlah titik rawan di mana trafik biasanya berpotensi tidak tersampaikan atau mengalami gangguan.

Country Director Google Cloud di Indonesia Megawaty Khie menambahkan kolaborasi dengan XL Axiata memungkinkan perusahaan besar maupun kecil di Indonesia untuk mendapatkan akses ke konektivitas berkecepatan tinggi untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang sebelumnya tidak dimungkinkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper