Bos Volkswagen Puji Pesaingnya, Elon Musk, Ada Apa?

Dionisio Damara
Senin, 8 Juni 2020 | 10:03 WIB
Bos Tesla Elon Musk. /Bloomberg
Bos Tesla Elon Musk. /Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Chief Executive Officer Volkswagen AG Herbert Diess diketahui memuji pencapaian dari bos SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk yang sukses meluncurkan dua astronot NASA ke luar angkasa.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (8/6/2020), pujian kepada pesaingnya tersebut dilontarkan Herbert Diess pada pertemuan manajemen puncak Volkswagen (VW) guna memotivasi mereka dalam mengatasi kemerosotan pasar industri otomotif.

Menurut narasumber yang ikut dalam pertemuan itu, Diess mengatakan agar pejabat teras VW mengambil inspirasi dari pencapaian SpaceX, perusahaan antariksa swasta milik Elon Musk yang meluncurkan astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley ke orbit pada 30 Mei 2020.

Upaya Diess dalam memantik semangat manajemen puncak VW dilakukan ketika produsen mobil asal Jerman itu tengah memperluas operasi perangkat lunaknya, sekaligus mengatasi keunggulan dari penjualan mobil listrik Tesla. Adapun, awal tahun ini Tesla telah mengambil nilai pasar dari VW.

Masalah perangkat lunak telah menghambat peluncuran mobil listrik VW, yakni Golf dan hatchback ID.3. Dua model tersebut dinilai penting bagi Diess untuk mewujudkan rencananya menjadi pembuat mobil listrik terkemuka di dunia.

Diess sebelumnya juga telah merujuk prestasi Musk beberapa kali. Di sela-sela premier model Golf pada Oktober 2019, dia menyatakan Model 3 Tesla telah melambungkan perusahaan Amerika Serikat itu keluar dari ceruk pasar, serta mengakui keunggulan Tesla dalam pengoperasian perangkat lunak.

Sementara itu, pandemi virus corona atau Covid-19 telah menyentak rencana dari pabrikan otomotif global untuk meluncurkan mobil listrik, tak terkecuali VW.

"Kami secara signifikan harus memotong pengeluaran biaya riset dan pengembangan, investasi, serta biaya tetap dibandingkan dengan perencanaan sebelumnya," tulis laporan perdagangan Jerman Automobilwoche mengutip Diess.

Dalam laporan itu, Diess menyebutkan cadangan kas VW diperkirakan menurun setidaknya hingga Juli karena lemahnya permintaan. Bahkan, beberapa merek grup VW juga diperkirakan menderita kerugian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Dionisio Damara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper