Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bos Volkswagen Puji Pesaingnya, Elon Musk, Ada Apa?

CEO Volkswagen AG Herbert Diess diketahui memuji pencapaian dari bos SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk yang sukses meluncurkan dua astronot NASA ke luar angkasa.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 08 Juni 2020  |  10:03 WIB
Bos Tesla Elon Musk.  - Bloomberg
Bos Tesla Elon Musk. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Chief Executive Officer Volkswagen AG Herbert Diess diketahui memuji pencapaian dari bos SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk yang sukses meluncurkan dua astronot NASA ke luar angkasa.

Dilansir dari Bloomberg, Senin (8/6/2020), pujian kepada pesaingnya tersebut dilontarkan Herbert Diess pada pertemuan manajemen puncak Volkswagen (VW) guna memotivasi mereka dalam mengatasi kemerosotan pasar industri otomotif.

Menurut narasumber yang ikut dalam pertemuan itu, Diess mengatakan agar pejabat teras VW mengambil inspirasi dari pencapaian SpaceX, perusahaan antariksa swasta milik Elon Musk yang meluncurkan astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley ke orbit pada 30 Mei 2020.

Upaya Diess dalam memantik semangat manajemen puncak VW dilakukan ketika produsen mobil asal Jerman itu tengah memperluas operasi perangkat lunaknya, sekaligus mengatasi keunggulan dari penjualan mobil listrik Tesla. Adapun, awal tahun ini Tesla telah mengambil nilai pasar dari VW.

Masalah perangkat lunak telah menghambat peluncuran mobil listrik VW, yakni Golf dan hatchback ID.3. Dua model tersebut dinilai penting bagi Diess untuk mewujudkan rencananya menjadi pembuat mobil listrik terkemuka di dunia.

Diess sebelumnya juga telah merujuk prestasi Musk beberapa kali. Di sela-sela premier model Golf pada Oktober 2019, dia menyatakan Model 3 Tesla telah melambungkan perusahaan Amerika Serikat itu keluar dari ceruk pasar, serta mengakui keunggulan Tesla dalam pengoperasian perangkat lunak.

Sementara itu, pandemi virus corona atau Covid-19 telah menyentak rencana dari pabrikan otomotif global untuk meluncurkan mobil listrik, tak terkecuali VW.

"Kami secara signifikan harus memotong pengeluaran biaya riset dan pengembangan, investasi, serta biaya tetap dibandingkan dengan perencanaan sebelumnya," tulis laporan perdagangan Jerman Automobilwoche mengutip Diess.

Dalam laporan itu, Diess menyebutkan cadangan kas VW diperkirakan menurun setidaknya hingga Juli karena lemahnya permintaan. Bahkan, beberapa merek grup VW juga diperkirakan menderita kerugian.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

volkswagen Tesla Motors
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top