Stres dan Alami Gangguan Kesehatan, Uzi Putuskan Pensiun di Usia Muda

Rezha Hadyan
Kamis, 4 Juni 2020 | 08:01 WIB
Ilustrasi ESports/Reuters-Sergio Perez
Ilustrasi ESports/Reuters-Sergio Perez
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemain League of Legend profesional asal China, "Uzi" Zihao memutuskan untuk pensiun dari arena kompetisi lantaran masalah kesehatan di usia 23 tahun.

Dilansir dari AFP pada Kamis (4/6/2020), Uzi mengumumkan keputusan mengejutkan itu melalui di akun Twitter-nya @UziRNG pada Rabu (3/6/2020). Selain itu, dia juga mengumumkan keputusan tersebut melalui Weibo.

"(Saya pensiun) karena mengalami stres kronis, obesitas, pola makan tidak teratur. Saya dinyatakan menderita diabetes tipe-2 pada pemeriksaan tahun lalu," demikian pernyataan Uzi.

Tidak hanya itu, Uzi juga mengaku dirinya mengalami cedera pada pergelangan tangannya, hal yang lazim dikeluhkan oleh atlet esports.

Uzi merupakan pemain andalan dari tim esports Royal Never Give Up (RNG). Tim tersebut menyatakan bahwa Uzi menderita cedera akibat latihan dengan intensitas tinggi selama delapan tahun terakhir.

 

uzi keluar dari esport, league of legend of china
uzi keluar dari esport, league of legend of china

"Selain melakukan segala hal yang bisa membantunya untuk meraih masa depan, kami juga akan berada di sisinya selama proses pemulihan," demikian pernyataan RNG. Pensiunnya Uzi itu menjadi pukulan bagi tim tersebut dan dunia esports.

Di tengah potensi perkembangan industri esports yang sedemikian pesat dengan penawaran hadiah yang fantastis, ada pengorbanan yang harus dibayar oleh para atlet baik fisik maupun mental akibat gaya hidup yang buruk. Mereka dituntut menetap selama berjam-jam di depan layar, tanpa melibatkan kinerja fisik.

Hal itu diungkapkan oleh sejumlah atlet esports kepada AFP. Mereka mengaku mengalami gangguan kesehatan, mulai dari penglihatannya semakin memburuk, pencernaan yang bermasalah serta cedera pergelangan tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper