Zynga Akuisisi Peak Senilai US$1,8 Miliar, Toon Blast dan Toy Blast Diboyong

Lukas Hendra TM
Rabu, 3 Juni 2020 | 14:02 WIB
Peak
Peak
Bagikan

Bisnis.com, MANADO – Developer game mobile asal Amerika Serikat Zynga mengakuisisi Peak dengan nilai mencapai US$1,8 miliar pada 1 Juni 2020 waktu San Francisco AS. Kesepakatan akuisisi tersebut dilakukan dengan 2 skema.

Zynga Inc. yang terdaftar di Nasdaq dengan kode ZNGA mengakuisisi perusahaan developer game yang berbasis di Turki, PEAK dengan nilai US$1,8 miliar.

Dalam kesepakatan tersebut, Peak juga turut serta membawa 2 francise mereka yakni Toon Blast dan Toy Blast yang merupakan 10 besar dan 20 besar game iPhone di AS selama 2 tahun terakhir.

Akuisisi tersebut akan menambah skala signifikan ke layanan langsung Zynga dan akan menjadi pendorong tambahan ekspansi margin selama beberapa tahun mendatang. Peak juga meningkatkan jalur pipa permainan baru Zynga dengan proyek tambahan dalam pengembangan awal.

Didirikan pada 2010 oleh Sidar Sahin, Peak telah mengembangkan franchise game yakni Toon Blast dan Toy Blast. Dikenal karena inovasi, kreativitas, dan desainnya yang indah, Toon Blast dan Toy Blast mempopulerkan mekanik ‘collapse’ dalam game puzzle match-3, dan telah menangkap basis audiens global yang sangat terlibat yang berada di antara retensi pemain terbaik di industri.

Secara kolektif, Toon Blast dan Toy Blast memiliki lebih dari 12 juta rata-rata DAU seluler. Peak diperkirakan akan menumbuhkan DAU seluler rata-rata Zynga hingga lebih dari 60% sambil memperkuat pemirsa internasional Zynga.

“Kami merasa terhormat untuk menyambut Sidar dan tim ke Zynga. Peak adalah salah satu pembuat game puzzle terbaik di dunia dan kami tidak bisa lebih bersemangat untuk menambahkan bakat kreatif dan penuh semangat seperti itu ke perusahaan kami, "kata Frank Gibeau, Chief Executive Officer Zynga seperti dikutip dari laman resmi Peak, Rabu (3/6/2020).

Dia mengungkapkan dengan penambahan Toon Blast dan Toy Blast, pihaknya memperluas portofolio layanan langsung perseroan ke delapan waralaba selamanya, secara signifikan meningkatkan basis audiens global dan menambah saluran permainan baru yang menarik.

“Sebagai tim gabungan, kami berada di posisi yang tepat untuk tumbuh lebih cepat bersama, ” katanya.

Sementara itu, Sidar Sahin, pendiri dan Chief Executive Officer Peak, mengungkapkan bahwa hal tersebut adalah kemitraan monumental tidak hanya untuk Zynga dan Peak, tetapi untuk seluruh industri game mobile.

“Kedua perusahaan memiliki visi yang sama - untuk menyatukan orang melalui permainan. Budaya Peak berakar pada pembelajaran dan kemajuan yang tiada henti, sehingga saat kami memulai bab baru ini dalam perjalanan bersama Zynga, kami tetap berkomitmen seperti biasa pada budaya unik kami. Kami sangat gembira untuk masa depan gabungan kami dan apa yang akan kami capai Bersama," ujarnya.

Zynga akan mengakuisisi 100% saham Peak dengan nilai US$1,8 miliar, terdiri dari sekitar US$900 juta dalam bentuk tunai dan sekitar US$900 juta dari saham biasa Zynga (diterbitkan dengan harga penutupan rata-rata tertimbang volume per saham selama periode perdagangan tiga puluh hari yang berakhir pada 29 Mei 2020).

Pertimbangan transaksi dimuka akhir juga akan mencakup penyesuaian penutupan adat, dan transaksi diharapkan akan ditutup pada kuartal ketiga tahun 2020.

Adapun, sejumlah game mobile besutan Zynga antara lain CSR RacingTM, Empires& PuzzleTM, Gabung Naga!TM, Gabung Sihir!TM, Word With FriendsTM dan Zynga PokerTM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper