iPad Air 4 Bakal Dilengkapi Konektor USB Type-C

Rezha Hadyan
Rabu, 3 Juni 2020 | 18:13 WIB
Ipad Air 4
Ipad Air 4
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Wujud iPad Air 4 yang bakal meluncur tahun ini sedikit demi sedikit terkuak. Perangkat tersebut dikabarkan hadir dengan lubang pengisian daya atau port yang berbeda dari ketiga pendahulunya.

Melansir GSM Arena pada Rabu (3/6/2020), sebuah laporan yang beredar di China menyebut perangkat tersebut akan menggunakan port USB type-C layaknya perangkat Android kebanyakan, alih-alih menggunakan port lightning.

Namun, iPad Air 4 bukanlah perangkat Apple pertama yang menggunakan port USB type-C. Pabrikan asal Amerika Serikat itu sebelumnya pernah menggunakan port tersebut pada perangkat tablet iPad Pro.

Sebagai catatan, port lightning merupakan port yang digunakan secara ekslusif oleh perangkat Apple sejak 2012. Port tersebut pertama kali dikenalkan lewat perangkat iPhone 5 dan kemungkinan masih akan dipertahankan hingga beberapa tahun ke depan.

Ponsel terbaru iPhone yang akan meluncur akhir tahun ini, yaitu iPhone 12 dikabarkan masih akan menggunakan port lightining. Adapun sebelumnya, seluruh perangkat Apple menggunakan port konektor 30-pin sejak 2007.

Penggunaan port lightning yang ekslusif untuk perangkat Apple sempat menuai kontroversi. Awal tahun lalu Apple mendapat desakan untuk menghentikan penggunaan port lightning pada perangkat mereka dari sejumlah negara-negara Uni Eropa.

Negara-negara tersebut memaksa Apple untuk mengganti port lightning menjadi USB Type-C dengan dalih wa penggunaan konektor yang berbeda-beda hanya akan menyebabkan penumpukan sampah elektronik yang tentunya tidak selaras dengan kampanye ramah lingkungan.

Namun, Apple menolak tuntutan tersebut karena dinilai akan menghambat perkembangan teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper