Spotify Hapus Batas Maksimal Penyimpanan Lagu

Akbar Evandio
Kamis, 28 Mei 2020 | 13:41 WIB
Spotify/Reuters-Christian Hartmann
Spotify/Reuters-Christian Hartmann
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Spotify menghapuskan batasan jumlah lagu yang dapat disimpan di menu My Library, yang sebelumnya dibatasi 10.000 lagu saja.

Seperti dikutip dari The Verge, Kamis (28/5/2020) para pelanggan Spotify baik premium maupun pengguna gratis dapat menikmati fasilitas penghapusan jumlah lagu yang dapat disimpan di My Library tersebut.

Namun demikian, ketentuan itu tidak berlaku untuk jumlah maksimal daftar putar dan download lagu di Spotify. Para pelanggan dan pengguna Spotify hanya diperbolehkan mengunduh dan memutar maksimal 10.000 lagu.

Seperti diketahui, Spotify memiliki lebih dari 50 juta lagu yang tersedia bagi para pelanggannya

Di sisi lain, Spotify mengumumkan daftar terbaru siniar (podcast) Indonesia yang akan tersedia secara eksklusif bagi penggunanya.

Spotify’s Head of Studios for Southeast Asia, Carl Zuzarte mengatakan bahwa ini merupakan bagian dari fokus perusahaan untuk membangun ekosistem podcast di Indonesia.

Dia menyebutkan pihaknya mempersembahkan sembilan konten podcast menarik yang terdiri dari BKR Brothers, Makna Talks, DESTAnya Siapa?, Podcast DariTaDi Yu Ya Yukk, Podcast Malam Kliwon, Rintik Sedu, Teman Tidur, Kinosgina, dan Thirty Days of Lunch.

“Podcast di Indonesia bisa dibilang salah satu yang paling menarik di dunia saat ini, jumlah pengguna yang mencari dan mendengarkan podcast pun terus bertambah. Hal ini berkat konten luar biasa yang diproduksi oleh para podcaster Indonesia, dan banyak di antaranya telah bergabung menjadi Podcast Eksklusif Spotify,” katanya lewat rilis resminya, Kamis, (28/5/2020).

Untuk informasi tambahan, ini merupakan gelombang kedua Podcast Eksklusif Spotify yang diumumkan di Indonesia pada tahun ini. Sebelumnya, pada Februari, Spotify telah menggandeng beberapa podcast seperti PODKESMAS, Rapot, Podcast Raditya Dika, Do You See What I See, Suara Puan sebagai Podcast Eksklusif Spotify.

Sebagai informasi, Indonesia memiliki jumlah pendengar podcast di Spotify terbanyak di Asia Tenggara dengan lebih dari 20 persen pengguna di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulannya. Jumlah tersebut lebih tinggi dari persentase rata-rata global.

Spotify saat ini memiliki lebih dari 1 juta judul podcast di platformnya, tersedia untuk pengguna Gratis maupun Premium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper