IDC Perkirakan Ponsel HP Fokus Di Segmen Midrange di Kuartal III/2020

Rahmad Fauzan
Kamis, 28 Mei 2020 | 19:28 WIB
Logo Oppo tampak di stasiun kereta di Singapura./Reuters-Edgar Su
Logo Oppo tampak di stasiun kereta di Singapura./Reuters-Edgar Su
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - International Data Corporation Indonesia (IDC) memperkirakan sebagian vendor-vendor ponsel di Tanah Air akan fokus meluncurkan produk di segmen midrange atau kisaran harga US$200-US$400 pada kuartal III/2020.

Market Analyst IDC Indonesia Risky Febrian mengatakan kemungkinan besar 5 produsen ponsel terbesar di Indonesia akan meluncurkan berbagai model terbaru di segmen midrange.

"Ditambah lagi, iPhone SE terbaru diperkirakan paling lambat akan rilis di Indonesia padar kuartal ketiga ini, sehingga akan lebih meramaikan persaingan di segmen midrange," kata Risky kepada Bisnis, Kamis (28/5/2020).

Selain itu, harga iPhone SE yang kompetitif dinilai akan mendisrupsi vendor-vendor ponsel android besar yang bermain di segmen tersebut.

Diberitakan sebelumnya, vendor ponsel bersiap kembali menggenjot penjualan pada kuartal III/2020. Menurut laporan International Data Corporation (IDC) Indonesia, pasar ponsel di Indonesia akan kembali melihat tanda-tanda stabilitas pada kuartal tersebut.

Public Relations Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan penggenjotan penjualan akan dilakukan dengan memaksimalkan seluruh lini produk, mulai dari varian di segmen entry level hingga premium.

"Pasalnya, permintaan terhadap ponsel pintar ke depannya juga tidak akan segmented di satu target market saja," ujar Aryo kepada Bisnis, Rabu (27/5/2020).

Hal tersebut juga dilakukan karena seluruh produk terdampak akibat pandemi virus corona (Covid-19) sehingga perusahaan harus mendongkrak penjualan di seluruh segmen produk.

Namun demikian, lanjut Aryo, Oppo akan mengutamakan produk-produk di segmen harga Rp3 - 5 jutaan yang disebut sebagai segmen terkuat perusahaan. Dia menambahkan, persentase produk yang akan diluncurkan paling besar berada di segmen tersebut.

Sementara itu, Head of PR Xiaomi Indonesia Stephanie Sicilia optimistis produsen asal China tersebut dapat mendongkrak penjualan pada kuartal sisa 2020 dengan fokus menggenjot penjualan melalui produk-produk dari berbagai segmen.

"Xiaomi pasti akan menghadirkan produk dari berbagai segmen pasar dengan harga terjangkau," ujar Stephanie kepada Bisnis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper