Kemarin Terjadi, Fenomena Konjungsi Planet Venus-Merkurius Kembali Lagi 2033

Newswire
Sabtu, 23 Mei 2020 | 08:57 WIB
Fenomena Konjungsi Planet Venus-Merkurius./Space
Fenomena Konjungsi Planet Venus-Merkurius./Space
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Peristiwa konjungsi terbaik antara planet Merkurius dan Venus baru saja berlalu. Fenomena tersebut akan kembali lagi pada 2033.

Tahun ini, fenomena kedua benda langit itu teramati dari Bumi memiliki jarak sudut yang minimum hanya terjadi sekali, yakni pada Jumat sore hingga malam, 22 Mei.

Penampakan kedua planet yang terlihat dekat satu sama lain ini dapat diamati dengan mata telanjang di arah barat laut selepas Magrib. Konjungsi Merkurius dan Venus sebenarnya sudah terjadi sejak Pukul 15.49 wib. Saat itu jarak sudut pisahnya sebesar 53 detik busur, atau setara hampir dua kali diameter tampak Bulan.

Tapi konjungsi itu baru bisa diamati jelas selepas Matahari terbenam di arah barat daya dekat Konstelasi Auriga untuk wilayah Indonesia Barat dan Tengah. "Jarak sudut pisahnya masih relatif sama," kata Koordinator diseminasi di Pusat Sains Antariksa, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Imanuel Sungging, Jumat (22/5/2020).

Konjungsi Merkurius-Venus bertahan sebelum akhirnya Venus menjauh hingga tidak nampak lagi di langit Barat. Planet itu baru muncul lagi di langit Timur ketika fajar menyingsing. “Sedang Merkurius meninggi di langit barat hingga berada di ketinggian maksimumnya.”

Merkurius dan Venus di antariksa masing-masing 162 juta kilometer dan 46 juta kilometer jauhnya dari Bumi. Mereka baru akan tampak berdekatan atau berkonjungsi kembali pada 5 November 2033. Saat itu jarak pisah keduanya diperhitungkan 10 menit atau sekitar 10 kali lebih lebar daripada yang tampak Jumat 22 Mei.

Konjungsi terapat antara dua planet di lingkar dalam orbit Bumi dalam mengitari Matahari itu sudah bisa diperkirakan pada 24 Desember 2084 mendatang. Dengan jarak sudut pisah hanya 41 detik, keduanya akan tampak seperti bergabung dilihat dengan mata telanjang.

Apakah kedua planet bisa berimpitan sempurna hingga tampak saling menutupi? Laman universtoday menyebut itu pernah terjadi saat Venus menimpa penampakan Merkurius pada 28 Mei 1737 lalu. Fenomena yang sama akan terulang pada 3 Desember 2133, dan fenomena untuk Merkurius yang ganti 'kunjungi' dan menimpa penampakan Venus mesti ditunggu sampai 14 Maret 3129.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper