Telkomsel Perkuat Layanan Jelang Lebaran

Akbar Evandio
Jumat, 22 Mei 2020 | 19:20 WIB
Warga saat melakukan rapat daring menggunakan layanan Telkomsel di Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (29/3/2020)./ANTARA FOTO-Olha Mulalinda
Warga saat melakukan rapat daring menggunakan layanan Telkomsel di Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (29/3/2020)./ANTARA FOTO-Olha Mulalinda
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melakukan pengecekan kesiapan jaringan secara virtual bersama Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Menkominfo) Johnny G. Plate untuk menyambut pengujung periode Ramadan dan Idulfitri 1441 H.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro telah berupaya untuk memastikan pelanggan dapat tetap menjalin silaturahmi dan saling terhubung di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan masyarakat menyesuaikan diri dengan kelaziman baru.

“Ini juga menjadi bagian dari semangat Telkomsel yang memasuki usia ke-25 tahun untuk terus berada di garis terdepan bersama masyarakat dalam beradaptasi menjalani cara baru di berbagai aspek kehidupan,” tuturnya lewat konferensi video, Jumat (22/5/2020).

Dia juga memastikan kesiapan seluruh aset terbaik yang dimiliki, termasuk karyawan, produk dan layanan, hingga infrastruktur jaringan dalam menghadapi momen pengujung bulan Ramadan hingga saat perayaan Idul Fitri.

Untuk diketahui, Telkomsel mencatatkan sejumlah kenaikan pengguna layanan dan solusi digital yang mengkontribusi lonjakan trafik komunikasi berbasis broadband, yaitu dari pertumbuhan pengguna platform layanan e-learning sebesar 5.799 persen.

Selain itu, pertumbuhan pengguna platform layanan aplikasi penunjang layanan bekerja/meeting conference meningkat 300 persen. Kemudian, untuk lonjakan trafik komunikasi layanan pesan instan (melalui WhatsApp, Line, dan Telegram) sebesar 33 persen.

Sementara, untuk lonjakan trafik komunikasi layanan Games Online meningkat 61 persen dan lonjakan trafik komunikasi layanan streaming video seperti melalui YouTube dan MAXstream pada angka 23 persen. 

Menkominfo, Johnny G. Plate mengatakan bahwa dirinya menyambut dengan baik kegiatan Telkomsel dalam mempersiapkan jaringan telekomunikasi untuk menghadapai silaturahmi digital dan Lebaran tahun ini di dalam masa darurat kesehatan Covid-19.

“Pandemi telah mengubah interaksi sosial secara fisik menjadi berpindah ke platform virtual, sehingga kesiapan jaringan telekomunikasi harus berlangsung secara berkelanjutan sebagai bagian dari kenormalan baru dalam kehidupan masyarakat. Saya berharap momentum ini mampu mendorong lebih banyak lagi inovasi lokal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam beraktivitas secara virtual,” jelasnya.

Dia mengatakan bahwa untuk memberikan nilai lebih bagi masyarakat dalam merayakan Lebaran, Setyanto menambahkan bahwa pihaknya menyelenggarakan Lebaran Virtual Bersama Telkomsel yang diisi dengan berbagai kegiatan seperti ceramah, mengaji, takbiran, dan berlebaran bersama secara online.

Sosiolog Imam Prasodjo mengatakan bahwa masyarat bahwa tengah melakukan sebuah langkah bersejarah. Di mana, kesiapan teknologi kini terbukti bisa membawa berkah dalam memungkinkan banyak hal baru yang bisa kita lakukan, bagaimana kita takbiran, halalbihalal, dan silaturahmi secara virtual.

“Ke depan, kita perlu untuk terus mempersempit jurang literasi digital dan bersama-sama membantu masyarakat dalam memasuki era baru, era virtual, era digital yang merata di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper