Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Fakta iPhone 12 Berlayar 5,4 Inci

iPhone berukuran 5,4 inci ini akan menjadi versi iPhone 12 standar yang diharapkan Apple akan rilis sekitar musim gugur tahun ini.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 20 Mei 2020  |  12:41 WIB
iPhone 12.  - PhoneArena
iPhone 12. - PhoneArena

Bisnis.com, JAKARTA - Apple berencana menghadirkan iPhone 12 dalam empat versi yang berbeda. Salah satunya adalah iPhone 12 dengan ukuran layar 5,4 inci, lebih kecil dari iPhone 11 Pro yang berukuran 5,8 inci, akan tetapi sedikit lebih besar dari iPhone SE dengan ukuran 4,7 inci.

Dilansir dari Business Insider pada Rabu (20/5/2020) iPhone 5,4 inci ini akan menjadi versi iPhone 12 standar yang diharapkan Apple akan rilis sekitar musim gugur tahun ini. Apple dikabarkan akan mengerjakan dua model iPhone 12 standar yang akan menjadi sekuel iPhone 11, dan dua versi high-end yang akan menggantikan iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

Berikut adalah fakta mengenai iPhone 12 berlayar 5,4 inci:

 

Hadir dengan layar OLED

Semua iPhone baru Apple diharapkan memiliki tampilan OLED tahun ini, analis TF International Securities Ming-Chi Kuo telah menulis dalam catatan penelitian yang diperoleh 9to5Mac. Artinya, seluruh model iPhone baru yang akan dirilis tahun ini, akan memiliki layar OLED, yang akan signifikan mengingat fitur ini hanya tersedia saat ini pada penawaran yang lebih premium seperti jajaran iPhone 11 Pro dan keluarga iPhone XS.

Layar OLED biasanya menawarkan nada hitam yang lebih dalam dan kontras yang lebih baik daripada panel LCD seperti yang ditemukan pada iPhone 11, iPhone SE, dan iPhone XR.

 

Hadir dengan dua kamera belakang

iPhone 12 kemungkinan bakal memiliki dua kamera seperti iPhone 11, menurut laporan dari Kuo (via 9to5Mac), Bloomberg, dan YouTuber Jon Prosser. iPhone baru Apple yang lebih mahal, diperkirakan akan disebut iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, akan datang dengan kamera tiga lensa, seperti halnya iPhone 11 Pro, dan sensor Lidar untuk augmented reality mirip dengan iPad Pro.

Kamera ini diharapkan menjadi salah satu pembeda terbesar antara iPhone 12 biasa dan iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

 

Mendukung konektivitas 5G

Semua iPhone baru Apple juga diharapkan mendukung konektivitas 5G, menurut laporan dari Bloomberg, Kuo, dan Prosser. Keluarga iPhone 12 secara luas diharapkan menjadi smartphone pertama yang mendukung 5G Apple, datang setelah pembuat perangkat Android seperti Samsung dan banyak lainnya telah menawarkan konektivitas 5G.

 

Hadir dengan poni atau notch yang lebih kecil

Apple berupaya membuat poni atau notch di iPhone 12 5,4 inci menjadi lebih kecil. Notch tersebut merupakan tempat bagi kamera depan dan sensor Face ID, menurut Bloomberg. Apple akhirnya berharap untuk menghilangkan takik sepenuhnya, dan mengurangi ukuran notch pada model tahun ini bisa menjadi langkah untuk melakukannya.

 Iphone 12 notch, Phonearena

Hadir dengan prosesor terbaru

Apple biasanya menempatkan prosesor terbarunya di semua model iPhone barunya, tak terkecuali pada jajaran iPhone 12. Jika Apple tetap menggunakan konvensi penamaan saat ini yang digunakan untuk chip iPhone lainnya dalam beberapa tahun terakhir, prosesor berikutnya perusahaan akan disebut A14 Bionic. Menurut Bloomberg, Chip generasi berikutnya diharapkan menawarkan manfaat kinerja ketika menjalankan augmented reality dan aplikasi yang digerakkan oleh kecerdasan buatan.

 

Desain yang kemungkinan mirip dengan iPad Pro

Jika rumor dan laporan ternyata benar, iPhone Apple berikutnya akan sangat mirip dengan iPad Pro terbaru. Apple dilaporkan menerapkan desain baru untuk iPhone yang mencakup desain stainless steel yang lebih datar dengan tepi yang lebih tajam seperti tablet kelas atas, bergerak menjauh dari tepi lengkungan iPhone saat ini. Namun, laporan itu tidak mengatakan apakah model yang lebih murah seperti model 5,4 inci akan memiliki desain baru ini.

 

Lebih murah dari iPhone 11

Prosser menyebut iPhone 12-inci mungkin akan dijual mulai dari US$ 650, membuatnya US$50 lebih murah daripada iPhone 11 yang dijual US$700. Itu kemungkinan akan menjadi harga awal atau harga bagi varian termurah, karena Apple biasanya mengenakan biaya lebih banyak untuk varian dengan ruang penyimpanan tambahan.

Hal tersebut juga akan menandai tahun kedua berturut-turut di mana Apple telah menurunkan harga iPhone entry-level sebesar US$50 IPhone XR diluncurkan pada US$750 pada tahun 2018, sedangkan iPhone 11 memulai pada US$700 pada tahun 2019.

 iphone 12

Dirilis pada musim gugur

Apple biasanya memperkenalkan iPhone baru pada musim gugur, meskipun ada keraguan apakah susunan tahun ini akan diluncurkan sesuai rencana karena pandemi coronavirus.

Bloomberg melaporkan bahwa meskipun beberapa model mungkin diluncurkan beberapa minggu lebih lambat dari biasanya, mereka masih diharapkan akan dirilis dalam jangka waktu musim gugur yang khas.

Analis di JPMorgan, di sisi lain, melaporkan bahwa iPhone Apple berikutnya dapat ditunda hingga dua bulan, sementara Nikkei Asian Review melaporkan bahwa Apple mempertimbangkan untuk menunda rilis ponsel baru karena kendala rantai pasokan dan kekhawatiran atas lemahnya permintaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone apple iphone
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top