Malam Ini, Kemunculan Supermoon Terakhir pada 2020

Rezha Hadyan
Rabu, 6 Mei 2020 | 10:17 WIB
Supermoon/NASA
Supermoon/NASA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Supermoon atau bulan purnama terakhir pada 2020 akan menerangi langit hingga Jumat (8/5/2020) mendatang. Supermoon adalah fenomena ketika bulan penuh berada di titik terdekat dengan bumi pada orbitnya.

Secara teknis, bulan purnama yang akan berada di konstelasi Libra, hanya akan berlangsung sesaat. Itu akan terjadi pada 06:45 EDT (1145 GMT) pada Kamis, 7 Mei 2020.

Dilansir dari Livescience pada Rabu (6/5/2020), Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA) menyebut ketika sisi bulan yang menghadap Bumi sepenuhnya diterangi oleh matahari Anda juga juga dapat melihat planet "bintang malam" Venus, yang bersinar paling terang tahun ini.

Bulan purnama May juga dikenal sebagai bulan bunga, moniker yang pas mengingat bahwa bunga liar dan taman bermekaran di seluruh belahan bumi utara.

Nama-nama lain untuk bulan purnama bulan Mei termasuk bulan penanaman jagung, bulan susu dan bulan festival Vesak, yang memperingati kelahiran, pencerahan dan kematian Buddha, menurut Encyclopedia Britannica.

Bulan bunga adalah yang terakhir dari empat bintang yang menerangi langit malam pada tahun 2020. Kata "supermoon" bukanlah istilah astronomi yang benar; itu diciptakan oleh peramal Richard Nolle pada 1979.

Nolle mengatakan bulan purnama adalah "super" jika itu terjadi dalam 90 persen dari perigee (ketika bulan paling dekat dengan Bumi)>

Sebagian besar tahun memiliki tiga atau empat bintang berturut-turut. Menurut NASA, Tahun ini, empat bulan purnama dari Februari hingga Mei adalah varietas "super".

Supermoon minggu ini akan menjadi suguhan bagi para pengamat langit, bahkan jika Anda menonton melalui jendela dari ruangan yang gelap (polusi cahaya mengurangi langit malam). Supermoons muncul antara 7 persen dan 15 persen lebih terang dari bulan purnama yang khas.

Biasanya, bulan purnama berukuran sekitar 31 busur menit (lebar 0,52 derajat), dan pada 7 Mei bulan akan menjadi 33 menit busur (0,55 derajat), lapor Space.com. Sebagai referensi, kepalan tangan yang dipegang sejauh satu lengan lebarnya sekitar 10 derajat.

Jika Anda menggunakan teropong atau teleskop untuk melihat supermoon lebih rinci, ketahuilah bahwa Anda mungkin memerlukan filter untuk melindungi mata Anda. Anda tidak akan memerlukan filter jika Anda hanya melihat dengan mata saja, meskipun kawah bulan mungkin lebih sulit untuk diamati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper