Heboh Peretasan WhatsApp, Ini Tips Agar Tidak Dijebol Hacker

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 23 April 2020 | 11:57 WIB
WhatsApp/Androidpit
WhatsApp/Androidpit
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Layanan perpesanan WhatsApp bukanlah aplikasi yang aman dari hacker 100 persen.

Jika penggunanya tidak hati-hati, bisa diretas oleh hacker dan percakapan pribadi Anda bisa dibaca orang lain.

Karena itu, ada beberapa lapis keamanan yang bisa diterapkan dalam penggunaan whatsapp. Sayangnya opsi keamanan ini tidak akan menghentikan Anda dari peretasan serius seperti yang menimpa CEO Amazon Jeff Bezos.

Peretasan akan tetap terjadi jika Anda membagikan kode keamanan pada orang lain, yang bisa memicu "peretasan sosial."

Karena itu, jika akun whatsapp Anda ingin aman dsri peretasan, jangan pernah membagikan kode verifikasi keamanan pada siapapun.

Itu bukan sembarang kode enam digit; itu adalah kode enam digit yang dikirimkan WhatsApp ke nomor ponsel Anda melalui SMS untuk dikaitkan dengan akun WhatsApp Anda. Dengan membagikan nomor itu pada orang lain, secara tidak sengaja Anda mengizinkan hacker masuk ke akun Anda.

Karena hacker sudah memiliki kendali atas akun Anda, maka dua dapat  mengirim pesan dari ke kontak manapun atau grup manapun atas akun Anda.

Secara teori, mengambil alih akun WhatsApp Anda seharusnya cukup mudah.

Cukup masukkan nomor telepon Anda ke dalam aplikasi dan minta ia mengirimkan kode enam digit lain kepada Anda. Masalahnya adalah bahwa peretas dapat mengirim spam ke nomor Anda dengan sekelompok kode enam digit yang salah sehingga Anda dapat dikunci dari akun hingga 12 jam.

Kemudian, jika Anda belum membuat PIN Anda sendiri, ini membuat penyerang bebas untuk mengatur salah satu dari mereka di akun Anda, mengunci akun Anda selama tujuh hari secara total.

Itulah mengapa sangat penting untuk mengingat kedua aturan ini: Jangan pernah membagikan kode WhatsApp enam digit Anda dengan siapa pun bahkan dengan orang tua Anda, teman terbaik Anda, dan saudara Anda.

Jika hal terburuk terjadi, maka menyiapkan PIN akan menjadi penghalang lain untuk menghentikan seseorang agar tidak dapat masuk ke akun Anda.

Berikut cara mengamankan akun WhatsApp Anda seperti dikutip dari theverge.

Buka WhatsApp dan ketuk tiga titik di kanan atas layar Tekan "Pengaturan"> "Akun" dan lalu pilih "Verifikasi dua langkah"

Kemudian, tekan "Enable," dan kemudian pilih PIN enam digit Anda.

Langkah selanjutnya ini tidak wajib, tetapi menambahkan alamat email akan memungkinkan Anda memulihkan akun Anda jika Anda lupa PIN.

WhatsApp secara berkala akan meminta PIN Anda saat Anda menggunakannya sehingga Anda tidak mudah melupakannya, tetapi kami tetap menyarankan untuk memiliki cadangan. 

Heboh Peretasan WhatsApp, Ini Tips Agar Tidak Dijebol Hacker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper