Wabah Corona, Pembangunan BTS Operator Jalan Terus

Akbar Evandio
Rabu, 22 April 2020 | 07:51 WIB
ilustrasi BTS/ Antara
ilustrasi BTS/ Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah operator telekomunikasi menyatakan target penambahan base transceiver station (BTS) tahun ini tidak akan banyak terpengaruh oleh adanya wabah corona.  

Salah satunnya PT Hutchison 3 Indonesia yang menargetkan penambahan 8.000 menara BTS pada tahun ini. Wakil Direktur Utama 3 Indonesia Danny Buldansyah menyebutkan sudah ada 1.000 BTS baru yang aktif dan tersebar di seluruh Indonesia sepanjang kuartal I/2020.

 “Sebetulnya di tengah pandemi ini memang ada sedikit perlambatan, tapi justru kami melihatnya prioritas saja yang perlu dibedakan. Makanya, kami memprioritaskan rencana pembangunan BTS di daerah perumahan,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Selasa, (21/4).

Danny memastikan penambahan menara BTS akan tetap berlangsung meski ada pembatasan sosial skala besar (PSBB) di Jabodetabek akibat pandemi virus corona. Penambahan BTS demi meningkatkan kualitas layanan dan memperluas jangkauan pelayanan.

Sementara itu, I Gede Darmayusa, Chief Technology Officer XL Axiata, menjelaskan bahwa saat ini pembangunan infrasruktur jaringan termasuk pemasangan BTS yang dilakukan XL Axiata masih berjalan sesuai rencana.

“Secara keseluruhan tidak ada perlambatan/penundaaan karena untuk implementasi di lapangan, kami melakukan koordinasi dengan berbagai pihak yang terkait termasuk dengan otoritas pemerintah daerah, aparat yang berwajib, Kominfo dan sebagainya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Darmayusa mengatakan bahwa kemudahan dan kelancaran di lapangan juga dikarenakan telekomunikasi merupakan salah satu dari 8 bidang usaha yang strategis dan dikecualikan untuk tetap beroperasi untuk mendukung kelancaran aktifitas komunikasi masyarakat dan aparat negara dalam situasi saat ini.

“Dan untuk pelaksanaan aktifitas pembangunan di lapangan, kami juga tetap mematuhi dan menerapkan standar operasional kesehatan dan keselamatan yang ditentukan pemerintah,” terangnya.

Di lain pihak, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan bahwa upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan yang juga Telkomsel lakukan adalah dengan menghadirkan 11.000 BTS baru berteknologi multi-band Long Term Evolution atau 4G.

“Mengoperasikan tambahan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT), serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.100 Gbps (6 Tbps) untuk menjamin kelancaran akses data di seluruh Indonesia,” ungkapnya lewat rilis resmi yang diterima Bisnis, Selasa, (21/4/2020).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa dalam mengantisipasi kesiapan jaringan, Telkomsel secara konsisten juga tetap melakukan drive test (uji jaringan) secara langsung, dengan total jarak tempuh mencapai sekitar 16.000 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper