Profil Ruangguru, Startup Mantan Stafsus Presiden

Akbar Evandio & Yustinus Andri
Selasa, 21 April 2020 | 19:47 WIB
ilustrasi Ruangguru/ Istimewa
ilustrasi Ruangguru/ Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –Setelah kehadiran perusahaannya di daftar platform pelatihan Kartu Prakerja menuai polemik, CEO Ruangguru Belva Devara akhirnya mengundurkan diri dari jabatan Staf Khusus Milenial Presiden Joko Widodo.

Pengunduran dirinya tersebut disampaikannya melalui akun Instagram resminya @belvadevara pada Selasa (21/4/2020).

“Pengunduran diri tersebut telah saya sampaikan dalam bentuk surat kepada Bapak Presiden tertanggal 15 April 2020, dan disampaikan langsung ke Presiden pada tanggal 17 April 2020,” tulisnya di akun Instagram miliknya, Selasa (21/4/2020).

Adapun, kritik publik kepada kehadiran Ruangguru di platform Kartu Prakerja meliputi potensi konflik kepentingan lantaran posisi Belva sebagai Stafsus Milenial Presiden Joko Widodo.  

Sementara itu, Ruangguru merupakan salah satu perusahaan rintisan (startup) di bidang pendidikan asal Indonesia. Perusahaan ini berada di bawah naungan PT Ruang Raya Indonesia, yang merupakan perseroan terbatas yang bergerak di bidang pendidikan nonformal.

Perusaahaan ini didirikan pada April 2014 oleh Belva Devara dan Muhammad Iman Usman untuk membantu para pelajar menemukan berbagai pembimbing di dunia maya. 

Ruangguru memiliki misi untuk menyediakan dan memperluas akses terhadap pendidikan berkualitas melalui teknologi untuk semua siswa, kapan saja dan di mana saja.

Berdasarkan catatan Bisnis, Ruangguru baru saja mengumumkan perolehan pendanaan Seri C sebesar US$150 Juta pada November 2019 lalu. Di samping itu, perusahaan ini juga mendapatkan suntikan dana dari sejumlah perusahaan modal ventura seperti East Ventures dan Ventures Capital.

Ruangguru mengklaim telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna serta merangkul 300.000 guru untuk memberikan jasa pedidikan di lebih dari 100 bidang pelajaran.

Di program Kartu Prakerja, Ruangguru menempatkan platform pelatihan online yakni Skill Academy sebagai pelaksana pelatihan terhadap peserta program pemerintah tersebut.

Skill Academy, menawarkan sejumlah paket pelatihan Kartu Prakerja dengan harga mulai dari Rp168.000 hingga Rp1 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper