Covid-19, Trafik Telkomsel Melonjak

Rahmad Fauzan
Senin, 6 April 2020 | 22:05 WIB
Telkomsel/Istimewa
Telkomsel/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejak masyarakat dan pelaku industri mulai menjalankan himbauan dari pemerintah untuk beraktifitas dari rumah, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mencatat lonjakan trafik tertinggi mencapai 16 persen, khususnya layanan broadband.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan lonjakan trafik tersebut didominasi oleh tumbuhnya pengguna aplikasi belajar berbasis daring (e-learning) seperti Ruang Guru, aplikasi yang tergabung dalam Paket Ilmupedia, situs e-learning Kampus dan Google Classroom, yang meningkat lebih dari 5404 persen.

"Hal tersebut juga didorong dari bertambahnya pelanggan yang memanfaatkan kemudahan akses e-learning melalui paket bebas kuota hingga 30GB yang dihadirkan Telkomsel seperti aplikasi RuangGuru dan aplikasi Paket Ilmupedia (Zenius, Bahaso, Cakap, Sekolahmu, Rumah Belajar, Quipper dan ratusan situs e-learning kampus)," ujar Setyanto dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (6/4/2020).

Selain itu, Telkomsel juga mencatat terjadi peningkatan pengguna layanan aplikasi penunjang layanan bekerja/meeting conference secara daring, seperti Zoom, Microsoft Teams dan CloudX Telkomsel sebesar lebih dari 443 persen.

Sebelumnya, Telkomsel menghadirkan layanan paket bebas kuota data hingga 60GB untuk akses aplikasi CloudX Telkomsel yang merupakan solusi bisnis korporasi dalam bentuk layanan komunikasi berbasis cloud untuk chatting dan meeting yang dapat diakses melalui tablet, handphone dan desktop.

Sejak diluncurkan pertama kali pada Januari 2020 lalu, jumlah perusahaan yang menggunakan aplikasi CloudX Telkomsel tumbuh sebesar 2100 persen.

Sementara itu, Telkomsel mencatat pergerakan trafik komunikasi layanan media sosial cenderung stabil. Namun, untuk trafik layanan komunikasi pesan instan (melalui Whatsapp, Line, dan Telegram) tumbuh sebesar 40 persen, dan Games Online meningkat sebesar 34 persen.

Melonjaknya trafik payload games online juga diikuti dengan tumbuhnya pengguna aktif game portal & media platform milik Telkomsel, Dunia Games sebesar 56% dibandingkan periode yang sama bulan sebelumnya.

Untuk layanan hiburan seperti streaming video seperti melalui Youtube dan MAXstream, terjadi lonjakan trafik payload sebesar 17 persen. Lonjakan tersebut juga didukung dengan tumbuhnya jumlah pengguna layanan streaming video on demand MAXstream sebesar 18 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Antisipasi

Untuk mengantisipasi tingginya minat pelanggan dalam mengakses layanan MAXstream, Telkomsel menyediakan paket MAXstream Gala Plus, yang memungkinkan pelanggan dalam menikmati kuota besar untuk menonton berbagai konten di MAXstream.

Dalam memastikan kualitas jaringan di wilayah residensial, Rumah Sakit Rujukan dan Rumah Sakit Darurat COVID-19, Telkomsel juga telah mengoptimalkan fungsi seluruh spektrum besar yang dimiliki, yakni frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz, yang sudah tersedia di seluruh BTS yang menjangkau kawasan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper