Bangun Teknologi Hadapi Corona, East Ventures Himpun Rp3 Miliar

Rahmad Fauzan
Selasa, 31 Maret 2020 | 01:48 WIB
Ilustrasi Virus Corona (Covid-19)
Ilustrasi Virus Corona (Covid-19)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - East Ventures, yang memimpin penghimpunan dana dalam rangka penanganan virus corona (Covid-19), berhasil mengumpulkan lebih dari Rp3 miliar pada Senin (30/3/2020).

Total dana sementara tersebut dihimpun dari 13 perusahaan, di antaranya East Ventures, Tokopedia, Traveloka, KoinWorks, Sociolla, SMDV Warung Pintar, dan IDN Media.

Dana tersebut rencananya dialokasikan untuk pengembangan bersama teknologi-teknologi terkait dengan penanganan pandemi virus corona, dan ditargetkan dapat mencapai Rp10 miliar.

Total dana nantinya akan dialokasikan untuk dua wilayah penggunaan, yakni Rp9 miliar guna mendukung inisiatif salah satu perusahaan pengembang teknologi pendeteksi Covid-19 yang rencananya akan menyediakan 100.000 test kit gratis, dan Rp1 miliar akan digunakan untuk proyek pengembangan whole genome sequencing.

Co-founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca mengatakan langkah ini merupakan kali pertama perusahaan memimpin penghimpunan dana nirlaba.

“East Ventures mendapatkan berita keterlibatan salah satu portofolio East Ventures, yaitu Nusantics di dalam task force BPPT pada Minggu (22/3). Ini membuat kami terdorong untuk berpartipasi lebih jauh dan berinisiatif untuk mengajak segenap ekosistem digital untuk berkontribusi," ujar Willson dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis

Inisiasi tersebut diusung melalui platform bernama Indonesia Pasti Bisa dengan melibatkan perusahaan lain, antara lain Koinworks, IDN Media, dan Nusantics dengan kapabilitas deep tech di bidang bioscience.

"Dengan meletakkan fondasi platform berasaskan result-oriented, accountability dan transparancy, kami berharap agar semua orang bisa berpartipasi melawan virus Covid-19,” lanjut Willson.

Selama 3 pekan ke depan, Nusantics akan menggunakan keahlian dan sumber daya milik perusahaan dalam bidang genetika untuk mengembangkan test kit PCR, yang didesain spesifik untuk populasi Indonesia berdasarkan hasil riset tentang Covid-19 dari seluruh dunia.

Perusahaan tersebut berkomitmen berkolaborasi dengan beragam institusi untuk memproduksi 100 set test kit qPCR sebagai prototipe, kemudian melakukan produksi massal dengan target 100.000 test kit.

Secara paralel, Nusantics juga akan melaksanakan proyek whole genome sequencing untuk memetakan mutasi virus penyebab Covid-19 yang menyebar di Indonesia.

Pemetaan genomika berbagai varian virus dinilai penting karena virus cenderung mampu bermutasi dengan cepat ke beragam bentuk yang unik sesuai wilayah penyebarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper