Indosat Tawarkan Beasiswa Belajar Daring

Akbar Evandio
Senin, 30 Maret 2020 | 13:14 WIB
GEDUNG INDOSAT. Bisnis/Himawan L Nugraha
GEDUNG INDOSAT. Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi Indosat Ooredo menghadirkan 10.000 beasiswa belajar daring yang ditawarkan melalui IDCamp sebagai upaya menyukseskan himbauan pemerintah untuk belajar dari rumah.

Ahmad Al-Neama, President Director & CEO Indosat Ooredoo mengatakan bahwa IDCamp 2020 akan mulai membuka pendaftaran peserta mulai Senin, 30 Maret 2020, dengan meningkatkan cakupan yang diberikan pada pelatihan utama, mulai dari tingkatan dasar, pemula, menengah, mahir, hingga profesional dengan alur belajar Android Developer, Front-End Web Developer, iOS Developer, dan Machine Learning Developer.

Selain itu, IDCamp 2020 memberikan pelatihan tambahan untuk tingkatan dasar dengan alur belajar Fundamental Programming. Persyaratan untuk mengikuti program IDCamp 2020 ini juga sangat mudah yaitu terbuka bagi semua warga negara Indonesia, berusia tidak lebih dari 29 tahun, dan yang terbaru adalah dibukanya pendaftaran untuk guru SMA/SMK.

“Kami menyadari bahwa bahasa coding sangat bermanfaat di masa depan, dimana teknologi digital akan memasuki banyak kehidupan manusia. Melalui program IDCamp, kami ingin mendorong munculnya talenta digital muda Indonesia yang mampu menciptakan solusi yang dibutuhkan oleh masyarakat,” ujarnya lewat keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin, (30/3).

Bersamaan dengan dimulainya IDCamp 2020, Indosat Ooredoo turut menggelar IDCamp Developer Challenge yang mengajak para developer muda Indonesia membuat aplikasi inovatif untuk mengurangi penyebaran wabah Covid-19.

Menanggapi agenda tersebut, Semuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia mengapresiasi langkah Indosat Ooredoo untuk bekerjasama dengan Pemerintah RI melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Bentuk inisiatif yang dilakukan Indosat Ooredoo ini adalah melalui pelatihan Coding,dan dengan adanya program ini walaupun masyarakat Indonesia harus melakukan physical distancing, misalnya dengan bekerja di rumah (atau Work From Home) tetapi tetap mampu melakukan hal-hal produktif. Program ini adalah mendorong talenta mudah Indonesia tetap produktif sekaligus meningkatkan kapasitas talenta mereka di era digital ini. Kami tentunya berharap situasi sekarang ini akan segera membaik sehingga masyarakat dapat beraktivitas normal kembali,” ujarnya.

IDCamp adalah implementasi dari program tanggung jawab perusahaan (CSR) di pilar Pendidikan, yang pada penyelenggaraan tahun kedua ini memberikan beasiswa pelatihan coding secara online untuk meningkatkan kapasitas talenta muda Indonesia, baik soft skills maupun hard skills, sekaligus memperluas akses dan kesempatan mereka bekerja pada industri digital saat ini.

Menurut Ahmad, Indonesia sendiri memerlukan 9 juta talenta digital untuk mendukung pengembangan ekonomi mulai tahun 2015 hingga tahun 2030 mendatang, atau sekitar 600.000 talenta digital per tahun, dimana kemampuan Bahasa coding menjadi salah satu kompetensi yang harus ditingkatkan.

IDCamp 2020 akan melakukan roadshow di 10 universitas, 10 SMA/SMK, dan 10 komunitas developer di 10 kota di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper