Tokopedia Luncurkan Platform Khusus Produk Halal

Rahmad Fauzan
Kamis, 26 Maret 2020 | 19:52 WIB
Seorang pegawai berjalan melewati logo Tokopedia/Tokopedia
Seorang pegawai berjalan melewati logo Tokopedia/Tokopedia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tokopedia meluncurkan Tokopedia Salam, yakni platform yang menampilkan khusus produk-produk bersertifikat halal.

Produk tersebut diluncurkan melalui kerja sama antara Tokopedia, Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), dan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda mengatakan, melalui Tokopedia Salam, masyarakat bisa menemukan beragam produk kebutuhan, seperti makanan, minuman, fesyen, kecantikan dan perlengkapan ibadah, mulai dari sajadah, mukena, songkok, serta pilihan baik lainnya.

Dia menyebutkan berdasarkan riset yang dilakukan terhadap pengguna Tokopedia, lebih dari 80 persen responden menyatakan memiliki keperluan untuk membeli produk makanan bersertifikat halal.

"Melihat adanya keperluan ini, Tokopedia berkomitmen mempermudah masyarakat dalam menemukan produk-produk bersertifikat halal secara lengkap, mudah dan amanah melalui pencantuman informasi sertifikat halal yang kini tertera pada keterangan dan filtrasi produk," ujar Garri dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Kamis (26/3/2020).

Tokopedia Salam, lanjutnya, merupakan solusi dari hulu ke hilir, mulai dari ketersediaan produk dan layanan, hingga pembayaran, bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan akan produk dan layanan yang baik.

Ke depannya, ekosistem anyar tersebut akan terus diperkaya dengan beragam layanan untuk mempermudah umat muslim beribadah, salah satunya jadwal salat dan penunjuk arah kiblat.

Lebih lanjut, Tokopedia juga terus mengeksplorasi kerja sama dengan berbagai lembaga lainnya sebagai bentuk komitmen dalam mendorong perkembangan produk halal di Indonesia.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia, Sukoso berharap platform tersebut juga dapat membantu para pegiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) meningkatkan daya saing bisnis di industri halal dalam negeri, sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia.

Tokopedia juga menghadirkan fitur Al Qur’an digital yang terintegrasi dalam ekosistem Tokopedia Salam. Fitur ini menggunakan sumber data langsung dari Kementerian Agama RI dan telah dilengkapi terjemahan Bahasa Indonesia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper