Pemeriksaan Online Virus Corona Bisa Dilakukan Lewat GrabHealth

Akbar Evandio
Senin, 23 Maret 2020 | 19:32 WIB
Grab dan Good Doctor kerja sama dengan Kementerian Kesehatan menyediakan layanan pemeriksaan daring. /istimewa
Grab dan Good Doctor kerja sama dengan Kementerian Kesehatan menyediakan layanan pemeriksaan daring. /istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –Grab Indonesia dan Good Doctor Technology Indonesia (GDTI) bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan menyediakan layanan khusus pemeriksaan (screening) awal virus corona melalui platform GrabHealth.

Dalam hal ini, masyarakat dapat melakukan telekonsultasi langsung dengan mitra dokter yang akan siaga 24 jam melalui platform GrabHealth yang didukung oleh Good Doctor.

Pemeriksaan awal secara daring ini diharapkan bisa membantu mengindikasi masyarakat dengan risiko terpapar virus corona rendah, sedang, maupun tinggi. Di sisi lain, program ini diharapkan dapat mengurangi beban tenaga medis di rumah sakit dan mengurangi potensi penularan virus ketika kunjungan pasien ke rumah sakit mengalami lonjakan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Oscar Primadi mengatakan bahwa layanan bebas biaya tersebut akan menjadi awal yang penting untuk mengidentifikasi risiko virus corona pada masyarakat.

“Diharapkan masyarakat tidak perlu panik dan kemudian memenuhi puskesmas atau rumah sakit yang justru bisa menambah risiko terpapar dengan virus corona,” terangnya, Senin, (23/3/2020)

Dia mengatatakan bahwa semua mitra dokter Good Doctor telah dibekali oleh keterampilan dan informasi terkini mengenai wabah Covid-19 sesuai standar Kementerian Kesehatan untuk memastikan kualitas layanan yang baik, andal dan akurat.

Pada praktiknya, apabila dalam proses pemeriksaan daring tersebut mitra dokter menemukan adanya indikasi pengguna dengan kemungkinan risiko rendah atau sedang, maka mitra dokter dapat menganjurkan pengguna untuk melakukan isolasi diri sendiri.

Namun, apabila mitra dokter menemukan adanya indikasi pengguna dengan kemungkinan risiko tinggi, maka mitra dokter dapat merekomendasikan pengguna yang bersangkutan untuk melakukan pemeriksaan di rumah sakit yang memiliki kemampuan penanganan virus corona.

Layanan tersebut dapat diakses oleh para pengguna Grab di Jabodetabek, Bandung, Cirebon, Sukabumi, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Solo, Malang, Sidoarjo, Bali (Denpasar), Medan, Palembang, Balikpapan, Samarinda, Makassar dan Manado.

Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor Technology Indonesia mengklaim dapat memberikan kontribusi positif yang signifikan dalam penanganan wabah corona. Dalam sepekan terakhir, dia menyatakan terdapat peningkatan permintaan tanya jawab sebanyak 400 persen meliputi isu virus corona. Trafik itu meningkat 20 kali lipat pada Maret dibandingkan dengan Februari.

“Dengan memberikan layanan screening risiko infeksi Covid-19 melalui telekonsultasi, maka assessment risiko bisa dilakukan secara online melalui tanya jawab dengan mitra dokter kami. Kemudian, berbeda dengan chatbot, dengan respon cepat, akurat dan tidak dipungut biaya atau gratis,” jelasnya.

GrabHealth powered by Good Doctor tersedia secara gratis di aplikasi Grab untuk smartphone Android dan iOS. Konsultasi kesehatan di Good Doctor tidak dikenakan biaya Pengguna juga bisa mendapatkan produk dan alat kesehatan di Health Mall Good Doctor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper