Gara-Gara Corona, Pemain Gim Online di AS Bertambah 75 Persen

Rezha Hadyan
Rabu, 18 Maret 2020 | 14:04 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Masifnya penyebaran virus Corona atau Covid-19 di berbagai belahan dunia membuat masyarakat mengurangi aktivitas di luar rumah atau bahkan mengisolasi dirinya.

Hal tersebut mendorong mereka berusaha 'membunuh' kebosanan, salah satunya dengan bermain gim daring di ponsel masing-masing.

Perusahaan telekomunikasi AS, Verizon mencatat terjadi lonjakan pemain gim online sampai dengan 75 persen sejak pekan lalu. Adapun, untuk trafik internet secara keseluruhan di negara tersebut melonjak hingga 20 persen.

Tercatat pula jumlah orang yang menggunakan layanan video streaming juga meningkat 12 persen.

"Banyak aktivitas hiburan dibatalkan oleh berbagai komunitas di seluruh AS. Oleh karena itu, terjadinya peningkatan lalu lintas video dan gim bukan hal yang mengejutkan," kata Kyle Malady, kepala petugas teknologi untuk Verizon dikutip dari The Holywood Reporter Rabu (18/3/2020).

Sebelumnya, berdasarkan data dari firma analisis aplikasi Sensor Tower diketahui jumlah orang yang mengunduh gim di ponsel melonjak 39 persen pada Februari 2020 secara global.

China menjadi negara yang paling berkontribusi pada lonjakan tersebut. Untuk App Store Apple saja, terdapat peningkatan sampai dengan 62 persen untuk unduhan gim.

Hal demikian sebelumnya juga diamini oleh salah satu pengembang sekaligus penerbit gim Free Fire, Garena.

Produser Garena Free Fire Christian Wihananto membenarkan adanya peningkatan unduhan gim bergenre Battle Royal sejak sebagian negara di dunia memutuskan untuk melakukan karantina.

Namun, menurut Christian, peningkatan tersebut belum terlalu signifikan.

“Peningkatan [unduhan] ada ya, tetapi untuk angka pastinya berapa perlu saya konfirmasi kembali. Belum terlalu signifikan kenaikannya, tetapi memang ada karena banyak orang yang butuh hiburan untuk membunuh kebosanan saat terpaksa harus di rumah saja,” kata Christian ketika ditemui Bisnis di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu (15/3/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper