APKASI Minta Pemkab Seluruh Indonesia Manfaatkan Sekolah Online

Akbar Evandio
Selasa, 17 Maret 2020 | 13:36 WIB
(Dari kiri  ke kanan) Pendiri dan Direktur Produk & Kerjasama Ruangguru   Iman Usman, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Abdullah Azwar Anas, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara, Direktur Eksekutif APKASI Sarman Simanjorang, M.Si. /Akbar Evandio-Bisnis
(Dari kiri ke kanan) Pendiri dan Direktur Produk & Kerjasama Ruangguru Iman Usman, Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Abdullah Azwar Anas, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru Belva Devara, Direktur Eksekutif APKASI Sarman Simanjorang, M.Si. /Akbar Evandio-Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menghimbau agar pelajar di seluruh Indonesia, khususnya mereka yang kegiatan belajarnya sudah terganggu, untuk meminimalisir interaksi di luar rumah dan memanfaatkan platform belajar secara daring.

Ketua Umum APKASI Abdullah Azwar Anas mengatakan, pihaknya akan mengirimkan himbauan kepada seluruh bupati di Indonesia beserta petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis untuk menyelenggarakan kegiatan belajar daring

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Rumah  Belajar persembahan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia,  Ruangguru dan pengembang pembelajaran online lainnya yang dalam situasi seperti saat ini melakukan langkah afirmasi yang luar biasa, yaitu menggratiskan layanannya untuk memastikan jutaan pelajar di seluruh daerah di Tanah Air tetap bisa belajar dengan baik,” ujarnya, Selasa (17/3/2020)

Anas, yang juga adalah Bupati Banyuwangi,  melanjutkan bahwa Inisiatif APKASI dilakukan sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk membatasi interaksi sosial, guna mencegah meningkatnya persebaran penyakit COVID-19, setelah Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan COVID-19 sebagai pandemi.

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) juga  telah merekomendasikan kegiatan belajar jarak jauh sebab COVID-19 telah mengganggu kegiatan bersekolah 290 juta siswa di seluruh dunia.

Belva Devara, Pendiri dan Direktur  Utama Ruangguru, menyadari bahwa situasi yang melanda banyak sekali siswa dan keluarga saat ini telah mengganggu proses belajar dan mengajar mereka.

Oleh karena itu, hadirnya Sekolah Online Ruangguru Gratis merupakan bentuk kepedulian pihaknya terhadap keselamatan dan kesehatan jutaan guru, siswa dan keluarga.

“Kami sangat antusias bahwa upaya kami ini diakui dan mendapatkan dukungan penuh dari kepala daerah di Indonesia yang juga berkomitmen penuh untuk memastikan berjalannya kegiatan belajar dan mengajar yang efektif,” jelasnya.

Dia mengatakan bahwa untuk memudahkan akses belajar Ruangguru menggandeng penyedia layanan komunikasi dan internet seperti Telkomsel, dengan meluncurkan Paket Data Rp0 yang memungkinkan pengguna untuk mengakses seluruh materi belajar di aplikasi Ruangguru bebas kuota hingga 30Gb untuk 30 hari ke depan.

“Untuk memanfaatkan kesempatan ini, pengguna nomor prabayar dan pasca bayar Telkomsel dapat mengaktifkan Paket Data Rp0 melalui aplikasi My Telkomsel,” lanjut  Belva.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper