Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Optimalisasi Platform Perusahaan Nondigital Native, Berikut Tahapannya

Arsitektur platform yang terintegrasi dan terdefinisi dengan baik berdasarkan alur kerja, serta tersentralisasi pada pelanggan menjadi kuncinya.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 11 Maret 2020  |  23:48 WIB
ilustrasi - bisnis.com
ilustrasi - bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam mengoptimalisasi platform bisnis digital, terdapat beberapa tahapan yang mesti dilewati oleh perusahaan nondigital native.

CTO IBM Indonesia Panji Wasmana mengatakan terdapat dua tahapan yang mesti dilewati oleh perusahaan nondigital native. 

Pertama, tahap bereksperimen dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan pemindahan beban kerja ke komputasi awan.

Kedua, tahap peralihan dari eksperimen menuju penggabungan data, alur kerja, serta keahlian untuk mendorong keunggulan kompetitif.

Adapun, lanjut Panji, perusahaan bergantung kepada beberapa arsitektur kunci untuk menyediakan kerangka kerja yang praktis dalam rangka memajukan serta menginovasi bisnis pada saat melewati tahap-tahap tersebut.

"Perusahaan membutuhkan arsitektur yang terbuka dan fleksibel, di mana informasi dapat mengalir sekaligus menguatkan teknologi terkemuka yang mampu mendorong adopsi platform bisnis," ujar Panji dalam acara bertajuk CTI IT Infrastructure Summit 2020 di The Tribata Dharmawangsa, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dia melanjutkan, hal yang diperlukan oleh perusahaan adalah arsitektur terintegrasi yang terdefinisi dengan baik berdasarkan alur kerja, serta tersentralisasi pada pelanggan.

Selain itu, perusahaan pun memerlukan beberapa layanan, seperti pusat data mokro (microservices) dan komputasi tanpa pusat data untuk memfasilitasi proses penyebaran alur kerja baru yang berkelanjutan.

"Untuk menjadi kognitif, perusahaan harus meningkatkan kepemilikan data, keunikan platform, serta keahlian spesialis," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

digital platform
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top