Telkomsel Target Bangun 23.000 BTS 4G pada 2020

Leo Dwi Jatmiko
Minggu, 8 Maret 2020 | 19:50 WIB
Karyawan melayani pelanggan di pusat layanan pelanggan Telkomsel di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin(27/1/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawan melayani pelanggan di pusat layanan pelanggan Telkomsel di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin(27/1/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) berencana membangun sekitar 23.000 unit base transceiver station (BTS) 4G di seluruh Indonesia pada tahun ini guna menciptakan akses jaringan internet yang merata di seluruh wilayah populasi di Indonesia.

Direktur Network Telkomsel, FM Venusiana R mengatakan bahwa selain untuk memperluas jaringan dan cakupan, perluasan dan penggelaran jaringan 4G LTE juga dilakukan untuk mengimbangi penetrasi perangkat berbasis layanan 4G yang terus tumbuh.

Dengan hadirnya jaringan Telkomsel, diharapkan kebutuhan gaya hidup digital masyarakat dapat terpenuhinya.

“Kami terus mengakselerasikan pertumbuhan jaringan broadband terutama 4G yang agresif untuk mendukung ekosistem gaya hidup digital, seiring dengan peningkatan trafik data sekitar 52% selama tahun 2019 dibanding tahun lalu (YoY),” kata Veusiana dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Minggu (8/3).

Venusiana menambah bahwa pada 2019 lalu, perseroan menggelar lebih dari 23.000 BTS 4G. Hal ini berarti bahwa target pembangunan BTS 4G pada saat itu telah terlampaui, yaitu mencapai 109 persen.

Dia mengatakan bahwa pencapaian tersebut menjadi pemacu bagi perseroan untuk terus mempercepat dan memperluas pemerataan jaringan berkualitas dan berteknologi terdepan di seluruh Indonesia.

Sekedar catatan, BTS 4G yang akan dibangun Telkomsel sepanjang 2020 juga akan menerapkan teknologi terbaru dalam pengembangan infrastruktur jaringan yang dapat meningkatkan kapasitas dan kecepatan akses jaringan hingga 3 kali lipat dari BTS 4G reguler yang sebelumnya sudah dihadirkan Telkomsel.

Pengembangan teknologi jaringan terdepan yang dimaksud meliputi penerapan teknologi NB-IoT, uji coba teknologi akses VoLTE, serta penggunaan teknologi Carrier Aggregation yang semakin meningkatkan pengalaman pelanggan dalam mengakses layanan berbasis broadband melalui jaringan 4G Telkomsel.

Telkomsel juga sangat agresif mengimplementasikan teknologi 4G LTE di frekuensi 900 Mhz untuk memperluas jangkauan dan memperkuat sinyal terutama untuk pelanggan di dalam rumah atau gedung. Dengan implementasi tersebut, Telkomsel kini semakin memperluas jangkauan layanan 4G mencapai lebih dari 95 persen wilayah populasi di seluruh kota/kabupaten yang ada di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper